Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Des 2015 09:13 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Curug Cibogo & Ciismun, 2 Air Terjun Cantik di Cibodas

Foto 1 dari 5
Para Wisatawan di Curug Ciismun
Para Wisatawan di Curug Ciismun
detikTravel Community - Traveler yang penat dengan kehidupan perkotaan bisa sedikit melipir ke Kebun Raya Cibodas untuk menyegarkan pikiran. Ada Curug Cibogo dan Curug Ciismun yang cantik untuk Anda.

Kebun Raya Cibodas merupakan pilihan bijak untuk dijadikan sebagai tempat berekreasi bersama keluarga tercinta dalam rangka mengisi waktu di hari libur. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, kemudahan akses menuju lokasi, tiket masuk yang terjangkau, serta panorama yang tersaji dalam Kebun Raya Cibodas membuatnya selalu ramai dikunjungi terutama di akhir pekan.

Banyak yang bisa dilihat saat kita memasuki area Kebun Raya Cibodas. Pihak pengelola sangat cerdas dalam menata taman–taman dan kolam yang ada di sini. Bahkan, lumut hijau sekalipun terlihat sangat menawan. Itu bisa kita lihat di Taman Lumut, yang juga diklaim sebagai Taman Lumut terbesar di dunia karena keanekaragamannya.

Taman ini bersebelah dengan taman palem. Taman lainnya ialah Taman Rhododenron, Taman Kaktus dan yang paling ramai disinggahi Taman Sakura yang jika kamu beruntung kamu bisa melihatnya bermekaran. Jadi tak perlu jauh–jauh ke Jepang untuk melihat sakura, cukup ke Cibodas saja.

Tak hanya taman, di dalam area Kebun Raya Cibodas juga terdapat panorama alam lainnya yang patut dikunjungi. Namun untuk menuju ke sana dibutuhkan tenaga yang ekstra, karena kita perlu trekking untuk mencapai ke lokasi. Panorama itu adalah air terjun.

Setidaknya ada 3 air terjun dalam kawasan Kebun Raya Cibodas yaitu curug Ciismun, curug Cibogo dan Curug Ciwalen. Namun untuk menuju Curug Ciwalen pengunjung harus melalui TNGGP dan mengikuti program canopy trail sedangkan untuk Ciismun dan Cibogo bisa kita kunjungi langsung saat berada di Kebun Raya Cibodas.

Untuk Curug Cibogo sangat mudah ditemui karena lokasinya dapat dijangkau oleh kendaraan. Sebelum mencapai curug ini, kita akan melewati jalan air yang merupakan perpaduan antara jalan dan aliran Sungai Ciwalen. Ketinggian curug Cibogo antara 15-20 meter saja, dengan kolam kecil penampungan air di bawahnya. Meskipun tidak terlalu besar, tetapi debit airnya cukup deras.

Selanjutnya Curug Ciismun, kalau yang satu ini perlu tenaga ekstra karena satu–satunya cara menuju ke sana ialah dengan berjalan kaki sejauh 2, km dan dapat ditempuh selama kurang lebih 30 menit melewati trek yang berbatu.

Curug Ciismun memiliki ketinggian sekitar 25 m dengan kaki air terjunnya selebar sekitar 5 m. Air curug ini terjun dari sudut pertemuan bukit Agropolitan dengan bukit Cibodas dan berada di ketinggian 1275 mdpl. Sungguh liburan yang menyenangkan di Cibodas.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA