Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Mar 2016 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jelang Gerhana di Tengah Laut Ternate

Masdito
d'travelers
Foto 1 dari 5
Persiapan menuju Pelabuhan
Persiapan menuju Pelabuhan
detikTravel Community -

Rabu (9/3) lalu adalah hari puncak Gerhana Matahari Total. Ternate adalah salah satu titik yang dilewatinya. Laskar Gerhana menunggu momen ini di tengah laut.

Rabu (9/3) lalu adalah hari puncak Gerhana Matahari Total. Pagi hari, jalanan sudah mulai ramai. Sebagian keluar rumah untuk menunggu detik-detik gerhana matahari, sedangkan sebagian lagi bersiap di masjid untuk menunaikan shalat gerhana.

Gerhana matahari sejatinya adalah peristiwa lumrah di bidang ilmu pengetahuan. Menjadi luar biasa ketika kita menyaksikan dengan teman-teman yang istimewa dan di tempat istimewa pula. Kota Ternate yang saya datangi bersama teman-teman lain yang tergabung dalam Laskar Gerhana yang prakarsai oleh detikcom, Sriwijaya Air, Bakamla, BMKG, LAPAN dan Kementerian Pariwisata mendadak ramai dan bergempita menyambut datangnya gerhana matahari ini. 

Walaupun perhelatan akbar untuk menyaksikan gerhana matahari ini dipusatkan di Fort Oranje, namun saya dan teman-teman laskar gerhana berkesempatan menyaksikan gerhana matahari di laut ternate yang dengan baik hati dibantu oleh kapal KN Kuda Laut milik Bakamla.

Sejak pagi saya sudah bersiap untuk menuju Pelabuhan Ahmad Yani, tempat bersandarnya KN Kuda Laut. sembari menunggu adzan subuh, saya bersama teman-teman melihat sesekali bercengkrama dengan para pelaut ulung tersebut. Tawa canda juga lepas dari teman-teman. Setalah adzan subuh dan sedikit terang, akhirnya kapal mulai bergerak menuju lautan. Sungguh pemandangan yang sangat indah yang disuguhkan oleh Kepulauan Maluku ini. Gunung hijau, laut biru, seakan memanggil untuk dijelajahi. 

Waktu menunjukkan pukul 09.00 WIT, Sang Rawi mulai memancarkan sinarnya yang terang, seakan memberikan tanda bahwa sebentar lagi akan dimulai peristiwa akbar yang sangat langka. Rembulan mulai berjumpa dengan rawi. Saya dan teman-teman lain bersiap untuk melaksanakan shalat gerhana.

Setelah shalat gerhana, saya pun berpindah tempat ke atas geladak kapal, agar terlihat jelas. Sorak teman-teman dan ucapan takbir pun berkumandang ketika rembulan berpelukan dengan rawi di atas laut Ternate itu. Langit tampak gelap, Tepuk tangan untuk meluapkan keajaiban semesta. Perasaan mulai bercampur aduk antara takjub dan terharu. Pagi itu, KN Kuda Laut menjadi saksi atas peristiwa bersejarah yang langka.

Sebuah pengalaman yang takkan terlupa. Pengalaman yang menjadi kebanggaan tersendiri dan mungkin tidak terulang kembali.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA