Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Des 2017 10:07 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kuliner Unik dari Surabaya, Pentol Vegetarian

Widi Arini
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Salah satu gerai Sego Njamoer di Mall Surabaya
Salah satu gerai Sego Njamoer di Mall Surabaya
detikTravel Community - Bagi yang jalan-jalan ke Surabaya, harus coba pentol unik satu ini. Bukan dari daging, kuliner kenyal ini tetapi terbuat dari jamur.

Ada doa petani jamur di setiap gigitannya, begitulah tagline dari sebuah gerai cemilan terkenal di Kota Surabaya ini. Gerai cemilan ini bernama Sego Njamoer.

Sego Njamoer adalah salah satu kuliner khas Surabaya yang kesuksesannya berangkat dari ide beberapa mahasiswa ITS. Menurut cerita dari teman-teman di Surabaya, Sego Njamoer ini dirintis oleh sekelompok mahasiswa karena keprihatinan mereka terhadap kesejahteraan petani-petani di Surabaya. Mereka optimis akan potensi jamur yang dihasilkan, maka dari itu mereka mendirikan Sego Njamoer sebagai sarana pemasaran jamur tersebut.

Mereka meningkatkan nilai ekonomis dari jamur yang dihasilkan oleh petani jamur tadi menjadi berbagai macam makanan yang unik dan lezat. Awalnya dijual di internal kampus ITS, tapi sekarang Sego Njamoer sudah memiliki gerai yang tersebar dibeberapa kota besar.

Banyak menu cemilan yang ditawarkan oleh Sego Njamur, seperti Sego Njamoer Regular, Sego Njamoer Rendang, Njamoer Crispy, Pentol Njamoer, Sego Njamoer Golden, Sosis Bakar Njamoer, Siomay Njamoer dan masih banyak lainnya. Semuanya berbahan dasar jamur yang dipasok dari petani jamur seluruh Surabaya.

Favorit pengunjung adalah Sego Njamoer yang berbentuk seperti makanan khas Jepang, Onigiri atau biasa kita sebut dengan nasi kepal. Menu lain yang banyak disukai pengunjung adalah Pentol Njamoer dan Siomay Njamoer. Pentol sendiri adalah sejenis bakso tanpa kuah dan makannya ditusuk, dicampur dengan saus pedas.

Biasanya, pentol ini berbahan dasar daging, namun kali ini beda pentol di Sego Njamoer berbahan dasar jamur kuping. Tekstur pentolnya kenyal dan gurih pas berpadu dengan jamur kuping yang mempunyai tekstur hampir sama.

Buat traveler yang tertarik mencoba kuliner yang satu ini, gerainya sudah banyak tersebar di Surabaya. Harganya terjangkau dan semua menu di gerai Sego Njamoer ini cocok dengan traveler yang sedang diet atau vegetarian.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED