Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Jun 2017 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Inilah Negeri di Atas Awan Sulawesi

Wayan Pai
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Sunrise negeri di atas awan, Lolai
Sunrise negeri di atas awan, Lolai
detikTravel Community - Puncak Kampung Lolai di Toraja Utara, Sulawesi Selatan bagaikan negeri di atas awan. Sunrise serta pemandangan lautan awan putih begitu memanjakan mata.

Tana Toraja memang masih menjadi salah satu tempat yang wajib didatangi oleh turis dari dalam dan luar negeri jika berkunjung ke Sulawesi Selatan. Bagi wisatawan yang ingin  berlibur di ketinggian dan menikmati sunrise dipenuhi hamparan awan luas, maka Lolai adalah tempat yang pas untuk dikunjungi.

Kampung Lolai dikenal secara tidak sengaja. Tepatnya ketika pemugaran rumah tongkonan yakni rumah khas toraja yang bentuknya unik seperti kapal tradisional. Saat itu, banyak fotografer yang datang dan mereka mengunggah foto-foto keindahan alam di sana. Mulailah kampung ini dikenal banyak orang.

Untuk sampai ke Kampung Lolai, wisatawan bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan umum seperti pete-pete alias angkot maupun ojek. Posisi Lolai berada 20 kilometer dari Rantepo, ibu kota Toraja Utara di Kecamatan Kapalapitu. Tarif menggunakan jasa ojek, sekali antar sekitar Rp 30 ribu-40 ribu. Bisa pula menyewa mobil rental tarifnya Rp 350 ribu per hari.

Gugusan awan putih yang dihiasi pancaran sinar matahari di balik awan menimbulkan lanskap alam yang sangat indah di mata terasa eksotis manakala matahari pagi mulai menampakkan diri. Langit berubah warna oranye, merah, kuning dan gumpalan awan putih berkumpul. Sunrise di Lolai adalah sunrise terbaik yang pernah saya nikmati.

Berhubung waktu untuk menikmati keindahan negeri di atas awan ini cukup lama, maka kami  berpindah duduk ke warung dekat situ. Menikmati secangkir kopi khas Toraja ditemani pisang goreng hangat nan legit.

Meski berada di pelosok, fasilitas listrik sudah masuk di Kampung Lolai sehingga pengunjung yang membawa gadget maupun perangkat elektronik lainnya bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan pengisian daya baterai.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Mari Kita Jaga Badak Jawa

Jumat, 22 Sep 2017 18:50 WIB

Bertepatan dengan Hari Badak Sedunia, Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mengajak semua pihak peduli keberadaan badak Jawa. Yuk!