Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Sep 2017 10:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jakarta Punya Gedung Arsip Megah Lho

Brigida Emi Lilia
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Papan nama yang terdapat di depan gedung.
Papan nama yang terdapat di depan gedung.
detikTravel Community - Bangunan bersejarah yang masuk cagar budaya tidak hanya terdapat di kawasan Kota Tua. Di jalan Gajah Mada juga ada Gedung Arsip Nasional yang bersejarah.

Gedung yang sekarang sering digunakan untuk acara resepsi pernikahan ini adalah gedung bersejarah bergaya eropa yang merupakan bekas kediaman gubernur jenderal VOC yang dibangun pada abad 18.

Saat memasuki pelataran gedung, kita disambut oleh papan nama di depan taman yang rapi dengan kolam dan bunga teratai. Tempat parkir yang luas pun tersedia.

Jalan masuknya berupa batu-batu kerikil berwarna merah yang sering dimanfaatkan warga sekitar untuk berjalan di atasnya tanpa alas kaki.

Ketika berkunjung ke sini, tengah ada persiapan untuk resepsi pernikahan sehingga ada banyak orang dan dekorasi. Kami pun memasuki gedung dengan pintu, jendela, langit-langit yang tinggi.

Bangunan bergaya kolonial ini memang nampak megah. Isinya sendiri pun tidak terlalu banyak, hanya ada brankas kuno dan beberapa benda lain.

Di bagian belakang ada halaman luas yang ditanami rerumputan. Sedang di sebelah kanan dan kiri juga terdapat bangunan bertingkat dengan mushola dan toilet di salah satu sisinya.

Menyusuri bangunan ini kita seperti kembali ke masa silam, masa di mana noni-noni dan sinyo-sinyo Belanda sering mengadakan kegiatan di tempat ini.

Bangunan megah ini memang menarik untuk didatangi dan terbuka untuk umum. Sayang belum ada pemandu yang bisa menjelaskan lebih lengkap tentang Gedung Arsip Nasional ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.