Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Jan 2018 10:17 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ke Jakarta Ya ke Kota Tua

Rudi Chandra
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Taman Fatahillah di Kota Tua Jakarta
Taman Fatahillah di Kota Tua Jakarta
detikTravel Community - Menjelajahi ibu kota, rasanya tidak lengkap kalau belum ke kawasan Kota Tua Jakarta, Dari kawasan inilah, kita bisa belajar soal Jakarta di masa lalu.

Kota Tua Jakarta diketahui memiliki banyak bangunan-bangunan tua yang bersejarah dengan arsitektur yang indah. Di dalam kawasan kota tua ini juga terdapat banyak museum-museum. Yang pertama ada Museum Bank Mandiri. Museum ini memiliki koleksi yang berkaitan dengan perbankan tempo dulu dan perkembangannya.

Selain itu, di sini juga terdapat berbagai barang-barang yang membantu proses perbankan, seperti mesin ketik, mesin penghitung uang logam, kalkulator, mesin pembukuan, hingga mesin atm tua yang bentuknya sangat unik dan jauh berbeda dengan mesin atm saat ini.

Tepat di sebelahnya terdapat pula Museum Bank Indonesia. Di dalam museum ini terdapat berbagai barang-barang koleksi yang menceritakan sejarah perekonomian Indonesia sejak jaman kerajaan hingga saat ini. Kemudian juga ada sejarah Bank Indonesia secara lengkap termasuk perubahan logo-logo Bank Indonesia serta peran Bank Indonesia terhadap kemajuan Indonesia.

Selain itu yang paling menarik adalah koleksi mata uang yang di simpan di dalam museum ini. Koleksi mata uangnya sangat lengkap, mulai dari mata uang Indonesia sejak jaman kerajaan hingga koleksi mata uang Rupiah terbaru.

Kemudian juga ada beragam koleksi mata uang dari berbagai negara yang ada di dunia secara lengkap. Semua koleksi mata uang ini di susun rapi sehingga mudah melihatnya sesuai kategorinya.

Setelah itu, di dalam Kota Tua Jakarta ini juga terdapat Museum Sejarah Jakarta. Museum yang juga menjadi ikon kota tua ini punya banyak koleksi mulai dari peninggalan Kerajaan Tarumanegara hingga benda-benda kerajinan khas Betawi.

Lalu ada berbagai perabotan peninggalan bangsa Belanda dan lukisan-lukisan yang menggambarkan suasana dan pemandangan Kota Batavia pada jaman dahulu. Masuk ke dalam museum ini membuat kita bisa mengenal Jakarta jaman dahulu.

Berada tak jauh dari Museum Sejarah Jakarta ada pula Museum Wayang. Di dalam museum ini terdapat berbagai koleksi wayang yang beragam jenisnya. Mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang  kardus, wayang rumput, wayang janur, wayang beber dan banyak lagi wayang-wayang lainnya.

Selain wayang, di sini juga terdapat koleksi boneka-boneka dari seluruh Indonesia seperti Boneka Sigale-Gale dan Ondel-Ondel serta beberapa boneka khas dari beberapa negara mancanegara.

Tepat berhadapan dengan Museum Wayang ada pula Museum Seni Rupa dan Keramik. Di dalam museum ini tersaji berbagai koleksi lukisan indah dari karya seniman-seniman Indonesia sejak waktu 1800-an hingga saat sekarang ini.

Kemudian juga terdapat koleksi patung-patung cantik seperti totem Asmat yang menjadi koleksi dari seni rupa. Kemudian untuk koleksi keramiknya museum ini menampilkan berbagai koleksi keramik dari berbagai daerah di Indonesia dan seni kreatif kontempoter.

Ada juga koleksi keramik dari negara-negara mancanegara dan koleksi-koleksi keramik ini berasal dari abad ke 16 hingga awal abad ke 20. Bahkan ada juga berbagai keramik hasil dari kapal yang karam di perairan Indonesia.

Selain museum-museum tersebut, ada pula Taman Fatahillah yang nyaman untuk bersantai dan bisa membawa kita bernostalgia ke masa lalu hingga Meriam Si Jagur yang merupakan meriam peninggalan masa Kolonial yang memiliki hiasan unik berbentuk tangan dengan gelang dengan posisi ibu jari yang dijepit di antara jari telunjuk dan jari tengah.

Tak hanya itu, di Kota Tua Jakarta ini pun masih terdapat banyak  lagi hal-hal menarik lainnya yang asyik untuk dikunjung. Intinya sih, Kota Tua Jakarta sangat pantas menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika sedang berlibur di Jakarta.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED