Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Nov 2017 16:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Eksotisme Pulau Kecil Kei di Maluku

Cecilia Dewi
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Menyusuri Pulau Bair dengan perahu
Menyusuri Pulau Bair dengan perahu
detikTravel Community -
Pulau Kei di Maluku Tenggara benar-benar memikat. Alamnya yang indah membuat siapa pun ingin mengulang kembali liburan ke sana.

Awalnya tidak ada rencana sama sekali untuk pergi berpetualang sendirian ke Maluku Tenggara. Memang, sudah lama saya ingin pergi ke Pulau Kei Kecil dan menikmati keindahannya namun rencana ini hanya sebuah angan karena budget tiket kesana yang lumayan.

Kebetulan awal bulan Oktober 2017, ada info mengenai Festival Pesona Meti Kei. Saya mulai mencari tahu harga tiket pada tanggal tersebut, sebelum puncak acaranya tanggal 22 Oktober 2017. Dan ternyata masih cukuplah tabungan untuk jalan-jalan ke Kei Kecil selama 5 hari 4 malam.

Tibalah harinya, perjalanan dari Surabaya ke Ambon memakan waktu kurang lebih 2,5 jam. Kemudian dilanjutkan naik pesawat baling-baling selama 1,5 jam ke Langgur, Tual. Bandara Satsuitubun Langgur terlihat sangat kecil dibandingkan Bandara Juanda ataupun Bandara Pattimura Ambon, namun pemandangannya sungguh menakjubkan karena saya mendarat disana tepat pada waktu matahari terbenam.

Esoknya saya datang di Festival Pesona Meti Kei (FMPK) yang puncaknya dilaksanakan di Pantai Pasir Panjang (Ngurbloat) siapa sangka sebelum acara mulai hujan turun sangat deras hingga membuat ratusan penari yang sudah siap menghibur, harus tampil di bawah guyuran hujan. Meski begitu deras hujan mengguyur, para pengisi acara masih semangat sampai malam hari. Mereka menghibur penduduk sekitar Kei serta turis lokal maupun mancanegara.

Di Pulau Kei kecil ini banyak sekali pantai-pantai yang membentang indah dengan pasir yang putih dan sangat halus, seperti tepung. Di dekat Pantai Pasir Panjang terdapat Pantai Ohoililir dan Ohoiew Resort yang berada di satu pulau tersendiri. Ohoi berarti desa atau kampung.

Destinasi yang sangat ingin saya singgahi adalah Pantai Ngurtavur, yang terkenal dengan pasir timbul mengular ditengah lautnya. Memang sangat menakjubkan sekali melihat laut dari tengah-tengah hamparan pasir putih di Pantai Ngurtavur.

Tidak kalah indah dengan Pantai Ngurtavur, saya menjelajahi Pulai Bair yang dijuluki Raja Ampat mini. Berkeliling menyusuri lautnya dengan perahu sungguh sangat menyenangkan karena bukit bebatuan dan hijaunya pohon-pohon di sekitarnya membuat mata kita terbuka lebar seakan tidak ingin terlewat menikmati keindahannya.

Destinasi lain yang saya explore adalah Goa Hawang, Goa dengan air tawar yang biru membuat mata kita takjub karena begitu bening. Lalu ke Ohoi Letman yang merupakan pulau kecil dengan pemandangan pulau-pulau disekelilingnya. Di Letman ini ada flying fox yang bisa kita coba. Kemudian ada Bukit Masbait yaitu Bukit Doa, serta rumah makan ikan bakar di Desuk dan mengakhiri hari dengan menikmati sunset di Pantai Pasir Panjang.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED