Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jan 2018 09:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Siapa Sangka, Ada Pulau Secantik Ini di Selat Makassar

Edelweiss Blogger
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pulau Popoongan Home Sweet Home bagi wisatawan.
Pulau Popoongan Home Sweet Home bagi wisatawan.
detikTravel Community - Balabalagan, satu kata yang masih jarang terdengar di dunia pariwisata Indonesia. Namun, pulau di Selat Makassar ini menawarkan banyak destinasi indah.

Balabalagan berasal dari kesalahan pengucapan nama Kepulauan Balabalakang. letaknya di selat makassar, masih lanjutan dasar benua pulau Kalimantan hingga sebelum palung Sulawesi. Akses terdekat ke Balabalagan adalah dari pesisir Kalimantan Timur dengan naik kapal.

Balabalagan memiliki sekitar 16 pulau dan banyak gusung. Jarak antar pulau dan gusung berdekatan. Jadi jika sudah sampai di Kepulauan Balabalakang dan bingung mau mengeksplore dari mana, berikut daftar pulau dan gusung yang bagus untuk dikunjungi:

Pulau Popoongan

Pulau ini letaknya di tengah-tengah Kepulauan Balabalakang. Dari pulau ini terlihat banyak pulau dan gusung dari berbagai arah. Pulau Popoongan adalah pulau terfavorit untuk dijadikan homestay wisatawan.

Alasannya adalah warga Pulau Popoongan sangat ramah. Fasilitas seperti WC dan Sumur umum cukup memadai, banyak penyu sisik hilir mudik di pulau ini dan suasana kampung yang asri serta memiliki pantai yang cukup indah.

Pulau Sabakattang

Pulau ini adalah pulau yang pertama dicapai dari arah Balikpapan. Satu-satunya pulau yang memiliki sinyal Telkomsel walaupun dalam jarak terbatas. pantainya cukup bagus dengan dermaga pulau yang sangat panjang.

Pulau Salissingan

Pulau ini adalah pulau yang pertama di capai dari arah Tana Grogot. Pulau ini Pantainya kurang menarik. Nilai plus nya adalah Pulau Salissingan adalah pusat perikanan di Balabalakang. Banyak ikan segar berdatangan dari nelayan. Selain pusat pengepulan ikan, Salissingan juga pusat pengolahan teripang.

Jangan heran kalau banyak penyelam kompressor tinggal di sini. Di pusat pengolahan teripang, nelayan atau penyelam membawa teripang hidup dan dijual ke pusat pengolahan.

Di sini, kita bisa ikut belajar cara pengolahan teripang dari yang basah hingga menjadi kering dan siap dijual di pasaran. Harga ikan segar, ikan asin dan hasil laut lainnya di Pulau Salissingan sangat murah.

Pulau Durian

Pulau ini istimewa, karena terdapat tugu kapal layar biru sebagai tanda wilayah pengakuan sulawesi barat. Sangat jarang ada wisatawan yang datang berkunjung dan berfoto di pulau ini.

Pulau Samataha

Pulau ini memiliki terumbu karang yang sangat dekat dengan pantai. Pulau ini memiliki deretan kima yang berukuran sangat besar tepat dibawah dermaga pulaunya.

Pulau Saboyang

Pulau ini adalah satu-satunya pulau yang memiliki sumur air tawar. Letak keindahannya adalah dermaga Pulau Saboyang paling panjang di antara pulau-pulau lainnya.

Dermaga ini adalah tempat terbaik untuk memfoto langit malam bertabur bintang bahkan milky way. Karena letak dermaganya jauh dari pemukiman penduduk hingga polusi cahayanya sangat sedikit.

Oleh karena itu menjadi tempat terbaik untuk mengabadikan keindahan langit malam. Biasanya waktu terbaik untuk melihat milky way adalah dari April hingga Agustus.

Pulau Lamudaan

Pulau ini memiliki pantai yang cantik. Warna lautnya sangat indah di siang hari. Sayang sekali dermaga pulaunya cukup berbahaya untuk dinaiki karena sudah sangat rapuh, sehingga sebaiknya mendaratkan kapal di dekat pantai saat pasang air laut saja.

Gusung Lamudaan

Gusung ini tepat di depan dermaga Pulau Lamudaan. Di sekeliling gusung ini ada hamparan luas terumbu karang. Jadi wajib hukumnya bersnorkeling di sini. Apalagi di sini banyak sotong berkeliaran.

Pulau Anak Sumanga

Pulau ini memiliki landscape yang indah. baik daratannya maupun aerial view nya. Pulau ini memiliki tanaman perdu berbunga ungu yang cantik. Pasir pantainya berwarna krem dan lembut seperti tepung.

Di batas laut dangkal dan tebing lautnya terdapat spot terumbu karang yang cukup indah. Di sini wajib hukumnya berfoto ria dan bersnorkeling ria. Pasti betah berlama-lama.

Gusung Sumanga

Jika saat air laut surut, maka mampirlah ke Gusung Sumanga. Bentuknya cantik seperti bulan sabit. Momen saat matahari mulai beranjak tenggelam ke ufuk barat adalah moment terindah. Di dekat gusung ini juga ada spot terumbu karang. Jadi jangan lewatkan kegiatan snorkeling di gusung ini.

Pulau Labia

Pulau ini cukup besar. Dermaga pulaunya masih dalam kondisi cukup baik. Pantai dan warna lautnya sangat indah. Belum ada yang pernah mendokumentasikan terumbu karang yang ada disekitar Pulau Labia, jadi jangan lewatkan kesempatan jadi orang yang pertama mengabadikan keindahannya.

Gusung Lalungan

Gusung ini istimewa karena bentuknya seperti angka 9. gusung ini memiliki hamparan terumbu karang hingga mendekati bibir pantai. Waktu yang tepat untuk snorkeling adalah ketika air laut pasang sehingga memudahkan bersnorkeling.

Jika surut, sebaiknya jangan snorkeling karena tubuh pasti penuh luka gesekan dengan karang dan merusak karang hidup. Spot karang yang spektakuler adalah di batas tebing lautnya.

Banyak table coral berbentuk besar namun berhati-hatilah dengan arusnya yang cukup kuat. Gusung ini juga menjadi tempat menikmati momen sunset yang keren.

Gusung Tandu

Gusung Tandu merupakan rangkaian beberapa gusung. tepatnya ada 3 gusung yang berdekatan. Ini adalah gusung terdekat yang dicapai dari arah pesisir grogot.

Ketiga gusung memiliki bentuk yang berbeda-beda dan memiliki hamparan terumbu karang yang sangat indah. Jangan lewatkan kegiatan snorkeling di sini, tapi berhati-hatilah dengan arus laut yang kuat.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED