Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Jan 2018 15:56 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Koleksi Purba Indonesia Ada di Sini

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Museum ini lebih dikenal dengan museum Gajah karena patung gajah yang berdiri di depan museum
Museum ini lebih dikenal dengan museum Gajah karena patung gajah yang berdiri di depan museum
detikTravel Community - Museum menjadi tempat terbaik untuk belajar mengenai sejarah suatu negara. Di Museum Nasional Jakarta, tersimpan berbagai koleksi masyarakat Indonesia.

Museum Nasional yang terletak di Jalan Merdeka Barat no. 12 dan berseberangan dengan Tugu Monas. Museum Nasional juga dikenal sebagai Museum Gajah karena patung gajah yang terletak di halaman depan museum yang dihadiahkan oleh oleh Raja Thailand pada kunjungan persahabatannya ke indonesia yang kemudian dipasang di halaman depan museum.

Sebelum memasuki Museum, di bagian depan museum kita akan disambut oleh kemegahan patung karya pematung terkenal, I Nyoman Nuarta berjudul Ku Yakin Sampai di Sana. Patung berbentuk pusaran arus ini kemudian juga menjadi ikon dan lokasi favorit untuk berfoto para pengunjung.

Museum Nasional sendiri terbagi menjadi tujuh bagian utama yang dibagi berdasarkan koleksi yang tersimpan di dalamnya, yaitu bagian arkeologi, etnografi, geografi, keramik, numestatik dan heladrik, prasejarah dan sejarah.

Untuk menuju ke lantai 2 sampai 3, traveler bisa menggunakan lift atau eskalator yang tersedia. Namun khusus menuju ke lantai 4, traveler harus menggunakan lift karena di lantai empat merupakan lokasi penyimpanan koleksi barang berharga seperti emas, sehingga pengamanannya lebih ketat.

Di museum ini, traveler bisa menemui berbagai peninggalan sejak zaman purbakala sampai peninggalan sejarah seperti prasasti, alat transportasi kuno, dan koleksi benda-benda bersejarah dari dalam dan luar negeri.

Disamping itu berbagai peninggalan sejarah unik, seperti timbangan yang digunakan pada zaman kesultanan Banjarmasin untuk menimbang emas atau hasil bumi sebagai persembahan untuk sultan yang diukur berdasarkan berat badan Sultan, dan masih banyak lagi.

Diantara koleksi yang menarik di Museum Nasional adalah Perahu yang dibuat oleh Suku Asmat. Perahu dengan panjang 2,5 sampai 5 meter ini digunakan sebagai alat transportasi karena jalan darat yang relatif lebih sulit ditempuh. Konon perahu ini dapat memuat 5-6 orang dengan posisi berdiri.

Kalau traveler lelah, di museum ini ada cafe yang sangat nyaman untuk sekedar mengobrol atau melepas lelas selepas menjelajah museum. Sajiannya pun cukup lengkap dan terlihat menggiurkan.

Bagi traveler yang membawa kendaraan pribadi, tidak perlu kuatir dan bingung dimana meletakkan kendaraan, karena Museum Nasional ini dilengkapi dengan area parkir basement yang cukup luas dan nyaman, serasa seperti sedang berkunjung ke mall.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA