Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Mar 2018 10:16 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bukan Laut, Ini Danau Toba Dilihat dari Pantai Parbaba

Rudi Chandra
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Danau Toba dari Pantai Pasir Putih Parbaba
Danau Toba dari Pantai Pasir Putih Parbaba
detikTravel Community - Sekilas melihat memang seperti lautan, tetapi bukan. Beginilah penampakan Danau Toba jika dilihat dari Pantai Parbaba.

Siapa sih yang tidak mengenal Danau Toba? Saya rasa hampir semua traveler pasti mengenal Danau Toba, minimal pernah mendengar namanya. Karena selain punya pemandangan alam yang sangat indah, danau ini juga merupakan danau terbesar se-Indonesia bahkan se-Asia Tenggara.

Saking besarnya, panjang danau ini pun mencapai 100 kilometer dengan lebar mencapai 30 kilometer dan mencakup 7 kabupaten di Sumatera Utara. Oleh karena itu pulalah sehingga tersedia banyak spot-spot menarik yang bisa dikunjungi untuk melihat pesona keindahan alam dari danau ini. Uniknya di setiap spot tersebut masing-masing memiliki pemandangan dan keunikan yang tersendiri.

Salah satu spot yang terkenal untuk menikmati keindahan alam Danau Toba adalah Pantai Pasir Putih Parbaba yang berada di Pulau Samosir, tepatnya berada di Desa Hutabolon, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir yang bisa dicapai sekitar 1 jam perjalanan dari Desa Tomok.

Meskipun bernama pantai, objek wisata ini tidak berhadapan langsung dengan lautan, akan tetapi pantai ini berhadapan langsung dengan Danau Toba. Oleh karena itu airnya pun terasa tawar dan menyegarkan karena berada di ketinggian 900 mdpl. Penyebutan kata pantai ini sendiri muncul karena objek wisata yang berada di tepian Danau Toba ini berupa daratan berpasir putih dengan tekstur kasar seperti silika yang merupakan sisa letusan super Gunung Toba jutaan tahun lalu. Hamparan pasir tersebut pun bersisihan langsung dengan bibir Danau Toba.

Pemandangan Danau Toba dari Pantai Pasir Putih Parbaba ini pun sangat indah karena di depan pantainya terhampar perairan Danau Toba yang sangat luas seperti lautan dengan air yang terlihat jernih kebiruan. Keberadaan angin yang bertiup pun membuat riak ombak di permukaan airnya yang menambah indah pemandangannya.

Sedangkan di kejauhan sana terlihat pula daratan Pulau Sumatera yang berdiri kokoh bagaikan benteng yang memagari perairan Danau Toba. Perairannya yang biru dan daratan Sumatera yang hijau pun menghasilkan gradasi warna yang terlihat indah dari pantai ini.

Di sisi kiri terlihat pula satu gunung aktif dengan asap belerang yang berdiri kokoh yaitu Gunung Pusuk Buhit, sebuah gunung yang disakralkan masyarakat Batak. Keberadaan gunung ini pun menambah ragam pemandangan dari pantai di tepian Danau Toba ini.

Yang asyiknya lagi, di sini juga terdapat permainan air seperti perahu kayuh, speed boat, hingga banana boat dengan harga yang cukup terjangkau. Di pantai ini juga asyik untuk berenang, karena kontur pantainya yang landai sehingga aman untuk anak-anak. Meski demikian, pengunjung harus tetap menjaga keselamatannya dan tidak berbuat yang macam-macam yang bisa membahayakan dirinya sendiri.

Jadi, jika ingin menikmati Danau Toba, cobalah sesekali datang ke sini dan rasakan suasana Danau Toba dari sudut yang berbeda.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Menikmati Pesona Karimunjawa

Selasa, 21 Agu 2018 13:10 WIB

Karimunjawa di lepas pantai Jepara, Jateng memiliki hamparan pasir putih dan lautan yang eksotis. Senjanya juga sangat memukau!

d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Tak Cukup Sekali ke Lovina

Selasa, 21 Agu 2018 11:05 WIB

Lovina punya segala pesona. Pantai di Bali ini punya sunset cantik, keramahan penduduk dan lumba-lumba di tengah lautan. Tak cukup sekali ke sana.