Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Apr 2018 10:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pemandu Kapal yang Berumur Ratusan Tahun

titry frilyani
detikTravel Community
Foto 1 dari 4
Cape Bojeador Lighthouse mulai menyala sejak 30 Maret 1892
Cape Bojeador Lighthouse mulai menyala sejak 30 Maret 1892
detikTravel Community -

Mercusuar memiliki peran sangat penting dalam dunia kelautan, tidak terkecuali mercusuar yang terdapat di Burgos, Ilocos Norte, Filipina.

Burgos Lighthouse atau yang dikenal juga dengan Cape Bojeador Lighthouse merupakan warisan dari bangsa Spanyol saat menjajah Filipina. Mercusuar ini didesain oleh Magin Pers y Pers pada tahun 1887 yang kemudian diselesaikan oleh Guillermo Brockman dari Lighthouse Service.

Selama 100 tahun, mercusuar yang merupakan warisan budaya ini berfungsi untuk menyambut kapal internasional yang memasuki wilayah Filipina dari utara dan sebagai pemandu agar terhindar dari pesisir pantai yang berbatu. Mercusuar ini sendiri mulai menyala sejak 30 Maret 1892. Mercusuar yang bagian atasnya berbentuk oktagon dan berlapiskan perunggu ini memiliki tinggi 20 meter. Mercusuar dengan dominan warna putih ini bisa dilihat dari kota Pasuquin dan Bangui yang letaknya cukup jauh jika langit sedang cerah.

Kami harus menaiki tangga untuk melihat mercusuar ini dari dekat. Tidak terlalu tinggi, tapi cukup melelahkan. Saat saya berkunjung kesana, sayangnya sedang tidak diperbolehkan untuk naik sampai ke bagian paling atas mercusuar.
Tapi dari tempat tertinggi yang bisa pengunjung capai, kita bisa melihat luasnya laut Barat Filipina nan biru.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED