Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jan 2018 11:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Api Biru, Primadona Taman Wisata Alam Kawah Ijen

Rizki Ramadan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Api biru yang dapat disaksikan antara pukul dua sampai pukul empat menjelang subuh
Api biru yang dapat disaksikan antara pukul dua sampai pukul empat menjelang subuh
detikTravel Community -

Berwisata ke Kawah Ijen, Api Biru menjadi salah satu spot yang wajib dikunjungi. Keindahannya pun sudah dikenal traveler dari berbagai negara.

Taman Wisata Alam Kawah Ijen terletak diantara dua kabupaten yang saling berbatasan, yaitu Bondowoso dan Banyuwangi. Wisatawan dapat menempuh titik awal pendakian dari arah dua kabupaten tersebut hingga menemukan titik awal pendakian melalui Pos Paltuding.

Petugas biasanya membuka waktu pendakian mulai pukul satu malam. Biasanya pengunjung menghabiskan waktu sambil membeli makanan di warung-warung sekitar atau beristirahat di dalam tenda yang dapat didirikan pada camping area di dekat pintu masuk. Untuk memasuki TKA Kawah Ijen, pengunjung cukup membayar Rp 7.500 untuk wisatawan lokal, dan Rp 150.000 untuk wisatawan asing pada hari libur.

Memulai pendakian, kita akan menemukan penduduk lokal yang menawarkan jasa angkut di sepanjang jalur pendakian. Angkutan tersebut semacam gerobak kayu untuk kapasitas dua orang dengan harga yang cukup variatif, tergantung kesepakatan dengan penyedia jasa tersebut. Trek yang dilalui adalah jalan dengan stuktur tanah. Pada samping kanan-kirinya vegetasi hutan konservasi yang termasuk ke dalam area Balai Besar wilayah Jawa Timur. Pada awal pendakian, trek yang dilalui masih cukup bersahabat. Tidak lama kemudian jalanan menanjak dan berkelok siap menemani perjalanan. Jika cuaca cerah, banyak bintang dapat kita lihat di atas langit.

Gunung dengan ketinggian 2.443 mdpl ini memiliki kawah asam yang cukup luas. Asap yang keluar dari dalam kawah cukup pekat dan terbang sesuai arah angin. Vegetasi di sekitaran gunung pun hanya berupa tanaman rerumputan dan batang-batang pohon kecil yang gosong menghitam.

Pengunjung membutuhkan minimal dua jam lebih pendakian untuk sampai ke puncak Ijen. Ketika sampai di dekat punggungan kawah, penduduk lokal menyewakan masker oksigen seharga Rp 20.000 saja. Masker tersebut cukup mengurangi bau sulfur yang terhirup. Terlebih ketika hendak melihat api biru dari jarak yang dekat, wisatawan biasanya menuruni bagian bawah punggungan hingga mencapai di dekat titik api biru berada. Lantas memang api biru masih menjadi tujuan wisata yang menarik baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ternate, Secuil Surga di Maluku

Rabu, 26 Jun 2019 10:50 WIB

Ternate, sebuah kota di pulau kecil di timur Indonesia mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Pantai, danau, gunung semua lengkap dan indah!