Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Feb 2018 11:03 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yang Baru dari Geopark Ciletuh, Curug Puncak Manik

Bekti Yustiarti
d'travelers
Foto 1 dari 5
Tampak dari atas
Tampak dari atas
detikTravel Community -

Menyusuri kawasan wisata Geopark Ciletuh Sukabumi tak akan ada habisnya. Kini, ada Curug Puncak Manik yang tidak kalah cantik.

Menyusuri kawasan wisata Geopark Ciletuh Sukabumi tak akan ada habisnya. Setelah dimanjakan dengan pemandangan yang keren di Bukit Panenjoan lalu dilanjutkan dengan air terjun Curug Awang dan Curug Tengah. Maka, yang terbaru harus dikunjungi adalah Curug Puncak Manik.

Curug Puncak Manik adalah aliran air terjun yang terakhir atau paling bawah dari tiga rangkaian air terjun di Ciletuh. Berlokasi di Kampung Pasirceri, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi .

Perjalanan menuju ke sana sungguh mengasyikan. Walaupun jalannya kurang bagus, banyak yang berlubang namun pemandangan di sepanjang jalan sangat menyejukkan mata. Disuguhi hamparan sawah yang luas berbentuk  terasering. Serta segarnya udara pegunungan membuat perjalanan semakin seru.

Curug Puncak Manik merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang tersembunyi. Bagaimana tidak, perlu waktu berjam-jam untuk sampai ke curug tertinggi di kawasan Geopark Ciletuh. Namun, semuanya akan terbayar dengan alam yang asri di Puncak Manik.

Sebelum menikmati air terjun yang indah beralaskan batu-batuan purba, kita dapat merasakan sensani menuruni tangga yang sangat panjang, yaitu dengan sebutan tangga seribu. Tangga berpagar kayu dan bertiang tembok serta bergambar kujang pusaka lambang tanah pasundan ini kian memikat para wisatawan yang berkunjung.

Tebing-tebing dengan tetumbuhan hijau menjadi pelengkap keindahan air terun. Jika beruntung, kita dapat menyaksikan pelangi  yang menyempurnakan air terjun.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA