Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Mar 2018 20:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Candi di Yogyakarta yang Bikin Takjub

Rizki Ramadan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Candi Sambisari berada di lekukan tanah yang cukup lapang
Candi Sambisari berada di lekukan tanah yang cukup lapang
detikTravel Community - Masuk ke candi di Sleman, DI Yogyakarta ini cukup murah Rp 5 ribu saja. Namun ada sejarah dan rasa kagum akan bangunannya, inilah Candi Sambisari.

Berjarak sekitar 12 kilometer ke arah timur kota Yogya. Peninggalan bersejarah ini terdapat di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman. Candi Hindu ini dibangun pada abad sembilan masehi

Ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani yang sedang mencangkul sawah di mana lokasi candi sekarang letaknya seperti berada di lekukan tanah dengan rerumputan hijau di sekelilingnya. Tampak hiasan tanaman bertuliskan Candi Sambisari pada bagian dinding lekukan di arah utara.

Pada bagian atas, taman dilengkapi trek untuk dapat digunakan pengunjung mengitari dari sisi bagian atasnya. Ada area di mana batu-batu candi bekas reruntuhan yang tidak lagi terpasang. Untuk ke area candi, wisatawan harus menuruni tangga, kemudian melewati pagar pembatas yang mengelilingi bangunan tersebut. Terdapat tiga perwara candi pada bagian depannya yang tidak utuh lagi bentuknya.

Memasuki Candi Sambisari, pengunjung akan menaiki undakan tangga untuk mencapai gerbang kecil yang menghantarkan ke pelataran. Di bagian sisi tangga, patung Mahakala dan Nandiswara yang simbolnya sebagai penjaga pintu tempat ini. Pada bagian dalam ruangan kecil yang gelap, terdapat Lingga Yoni yang merupakan perwujudan Dewa Siwa dan Sakti yaitu istrinya. Sedangkan pada bagian pelatarannya, batuan-batuan tersusun secara apik berundak melengkapi bentuknya yang mengerucut ke atas.

Terdapat patung di bagian dinding tengahnya. Ada Patung Durga di utara, Ganesha mengarah ke timur, dan Agstya di sisi selatan. Pengunjung dapat menikmati peninggalan candi ini dengan mengitari area candi, melihat stuktur dan ornamen batuan yang sebagiannya diukir dengan cukup menarik untuk diamati. Selain itu, aktivitas swafoto juga bisa kita lakukan di area rerumputan berwarna hijau kecoklatan di area yang lapang sehingga kita bisa mendapatkan sudut foto yang apik dengan latar Candi Sambisari. Aktivitas berwisata murah namun tetap berkesan pun didapatkan di Candi Sambisari.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA