Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Jun 2018 09:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Belanja Kain khas Palembang, Ini Tempatnya

Ivonesuryani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Aneka motif dan warna kain Jumputan di Griya Tuan Kentang
Aneka motif dan warna kain Jumputan di Griya Tuan Kentang
detikTravel Community -

Sebelum pulang dari liburan di Palembang, asyiknya belanja oleh-oleh khas terlebih dahulu. Misalnya saja belanja aneka kain khas Palembang.

Bagi traveler pencinta wastra Nusantara, pastinya tidak asing lagi dengan kain-kain tradisional Palembang, seperti Songket, Jumputan dan Tajung. Nah, di Palembang ada sebuah kampung kain yang bisa menjadi destinasi perburuan kain-kain khas ini.

Traveler dapat membeli kain untuk koleksi pribadi atau oleh-oleh di Griya Kain Tuan Kentang, sebuah galeri binaan UMKM Perwakilan Bank Indonesia di Sumatera Selatan. Kampung Kain Tuan Kentang yang berada di Jalan Aiptu A Wahab, Kelurahan Tuan Kentang, Kecamatan Seberang Ulu 1, Palembang, ini menyimpan segudang warisan sejarah dan budaya, salah satu bentuknya adalah kain-kain tradisional khas Palembang.

Selain berburu kain, kita juga dapat melihat proses pembuatan kain-kain tradisional di kampung ini. Para pengrajin dengan ramah akan menjelaskan jenis kain dan proses pembuatannya.

Mayoritas pengrajin di kampung ini memproduksi kain Jumputan dan Tajung. Jumputan adalah kain yang pembuatan motifnya dengan cara dijumput dan pewarnaannya dengan cara dicelup atau dikuas. Sedangkan Tajung adalah kain tenun yang proses pembuatannya seperti Songket tetapi tidak menggunakan benang emas seperti Songket pada umumnya.

Galeri ini menjadi tempat bagi para pengrajin menjual kain produksi mereka. Kain yang dijual di sini berkualitas baik dengan motif dan warna yang beragam. Harganya berkisar antara Rp 40.000 sampai Rp 300.000 per meter.

Jika traveler ke Palembang, sempatkan mampir ke Kampung Kain Tuang Kentang untuk berburu kain Palembang dan melihat proses pembuatannya. Berfoto di antara kain jumputan yang sedang dijemur keren juga, lho.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA