Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Agu 2018 11:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Belajar Sekaligus Liburan di Danau Toba yang Indah

Sumper EH Simanjuntak
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
detikTravel Community - Danau Toba yang indah memang sudah terkenal sampai mancanegara. Tak hanya cantik, Danau Toba memberikan pelajaran tentang bermasyarakat.

Melakukan penelitian sosial tak melulu harus berkutat dengan buku, teori serta beragam pertanyaan wawancara untuk memperoleh data. Sesekali kita perlu terjun serta menjadi bagian dari masyarakat sekaligus mengambil pelajaran dalam kehidupan sosial-budaya mereka.

Samosir, merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang memiliki kekayaan alam serta budayanya yang unik. Disana terdapat banyak destinasi wisata alam serta peninggalan sejarah budaya Batak yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian.

Dari sisi sosial-budaya misalnya, tentang bagaimana orang batak dapat menjadi ahli hukum seperti pengacara handal, ternyata di pulau ini terdapat peninggalan berupa susunan kursi batu dimana ditempat ini para raja batak mengadili para pelaku pelanggar hukum.

Sementara itu kita juga dapat menikmati pemandangan alam yang elok, di mana Samosir merupakan sebuah pulau yang berada ditengah danau Toba yang terbentuk oleh letusan gunung berapi purba. Hal inilah yang membentuk berbagai macam air terjun, pantai, serta pemandian air panas yang bersumber dari pegunungan.

Untuk itu samosir layak dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata, serta mereka yang ingin mempelajari tentang budaya serta asal-usul suku Batak.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED