Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Agu 2018 13:05 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Lepas Penat Sejenak di Lingkungan LIPI Cibinong

Akarui Cha
d'travelers
Foto 1 dari 5
Danau Dora LIPI Cibinong
Danau Dora LIPI Cibinong
detikTravel Community -

Ada tempat untuk melepas penat di Lingkungan LIPI Cibinong. Danau Dora namanya yang menenangkan dan sejuk.

Sore itu, saya ingin sekali jalan jalan, melepas penat yang sudah memadat di kepala ini. To do list pekerjaan yang terlalu merayap, membuat saya akhirnya harus berjuang duduk di depan laptop lebih lama, dari standar waktu yang sudah saya tetapkan untuk diri saya sendiri. Sayangnya, untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh, belum ada kesempatan. Kalau mainnya ke mall lagi, bosan sekali. Saya mau ke tempat yang tak terlalu ramai, sejuk, tapi nggak perlu jauh jauh dari rumah.

Kawasan Gunung Pancar sudah terpikirkan, tetapi waktu tempuh 'padahal singkat sebenarnya, tak sampai seharian' jika dibandingkan dengan list pekerjaan lain yang sudah menunggu. Ah, saya nggak mau bekerja di waktu seharusnya saya bisa memandang hal lain selain tampilan notepad atau MS Word. Jika hanya bermain-main di sekitaran Stadion Pakansari atau Pemda Cibinong, aih judulnya malah kulineran. Saya sedang bosan. Masa mata saya menatap piring dan lauk lagi. Saya ingin mengunjungi tempat wisata yang berbeda.

Maka, setelah curhat pada si partner jalan-jalan ever saya, sore hari setelah tunai segala pekerjaan, saya menyambar outer dan kami berangkat menuju kawasan LIPI Cibinong Bogor. Ada apa di sana?

Danau Dora sebenarnya hanyalah nama yang diberikan oleh para pengunjung yang senang kemari. Mungkin karena dibangunnya jembatan panjang yang membelah danau seperti dalam serial animasi Dora The Explorer ya.

anpa biaya masuk pun, saya sudah bisa menikmati cantiknya senja yang jatuh di ufuk barat Cibinong, berlatar hamparan Danau Dora yang mungil, beserta teratai yang tumbuh di tengah danau. Pernah memang, saya datang kemari namun Danau Dora sedang ditutup untuk umum. Gerbangnya terkunci, waktu itu. Danau Dora ini sempat direhabilitasi akibat ramainya pengunjung, ditambah pedagang kaki lima yang berjualan, namun berujung pada banyaknya sampah yang bertebaran di sekitar danau, juga rumput rumput yang diduduki sesukanya.

Beruntunglah, dikali kedua saya menyambangi lagi Danau Dora, pada senja hari pula tempat ini sudah kembali bisa dikunjungi oleh masyarakat. Dengan syarat, membuang sampah pada tempat yang tersedia, tak berusaha merusak fasilitas yang ada di sana, juga jangan harapkan adanya pedagang kaki lima yang bisa berdagang lagi di sekitar kawasan ini.

Datang kemari di sore hari, waktu yang tepat untuk menikmati angin sepoi-sepoi menjelang senja, langit Cibinong yang perlahan memerah, juga riak tenang air danau beserta teratai yang tumbuh di tengahnya. Mungkin, Danau Dora, disebut demikian, sebab jembatan kayu yang berada di sekitaran danau ini, menyerupai jembatan yang sering muncul dalam serial animasi anak-anak Dora the Explorer.

Bagi saya, walaupun tak jauh, Danau Dora ini bisa menjadi alternatif di kala penat, sementara untuk berlibur jauh mengunjungi daerah wisata Indonesia lainnya, belum memungkinkan. Saya memang sudah tahu cukup lama tentang Danau Dora ini, hanya saja di Trvael Tips yang biasa saya baca pada aplikasi Pegipegi, belum ada yang mengulasnya. Orang lebih banyak mengenal Stadion pakansari dan lainnya.

Oh ya, berbicara soal aplikasi Pegipegi, jika masuk ke kanal Travel Tips, ada banyak sekali saran tempat tempat menarik yang bisa dikunjungi. Sayangnya, akibat saya belum punya kesempatan untuk berpetualang jauh, maka cukuplah keindahan senja Cibinong saya nikmati dari Danau Dora.

#Pegipegiyuk #JelajahIndonesiamu @pegi_pegi

BERITA TERKAIT
BACA JUGA