Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Agu 2018 21:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ada Apa di Bengkulu?

Meilisa Alam
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Air Terjun di Pemandian Suban
Air Terjun di Pemandian Suban
detikTravel Community - Wisata di Bengkulu nyatanya tak bisa dipandang sebelah mata. Ada nilai sejarah sampai panorama alam yang memukau.

Bengkulu merupakan provinsi yang mempunyai sejarah panjang, di mana, presiden pertama Bung Karno pernah diasingkan di kota Bengkulu. Tentu, banyak destinasi wisata, kuliner dan sejarah yang wajib didatangi di kota ini. Pegipegi memudahkan liburan dengan memesan tiket dan hotel secara cepat. Selamat liburan dan let's get lost!

Bengkulu merupakan salah satu tempat yang wajib dijadikan destinasi pilihan untuk berlibur, karena letak geografisnya bersebelahan langsung dengan Samudra Hindia membuat wisata alamnya khususnya pantai, membentang indah di wilayah ini.

Selain menjadi kota wisata, Bengkulu juga menjadi tempat bersejarah karena presiden pertama Republik Indonesia yaitu Bung Karno, pernah diasingkan di sini selama lima tahun, tapak tilasnya ada di Rumah Kediaman Bung Karno pada waktu Pengasingan di Bengkulu 1938-1942 yang menjadi salah satu destinasi yang dapat meberikan edukasi sejarah.

Rumah Kediaman Bung Karno ini merupakan destinasi yang mudah dijangkau dari kota Bengkulu, rumah yang dahulu ditempati oleh Bung Karno dalam pengasingannya ini menyimpan barang-barang peninggalannya seperti rak buku, sepeda yang digunakan Bung Karno, meja makan, setelan jas dan baju serta kasur yang masih terawat baik di tempat ini. Harga tiket masuk juga cukup ramah dikantong wisatawan yaitu hanya Rp 3.000 saja sudah bisa menambah pengetahuan sejarah.

Destinasi selanjutnya yang masih berada di wilayah Bengkulu Kota adalah Benteng Fort Marlborough. Benteng yang dibangun oleh Inggris ketika menjajah kota Bengkulu. Sel-sel penjara serta deretan meriam tersusun rapih di benteng ini, jika naik di bagian atas benteng, bisa melihat langsung kota Bengkulu dari atas dan juga pantai Panjang yang terbentang yang terlihat langsung dari atas benteng.

Harga masuk untuk dewasa adalah Rp 5,000 dan anak-anak Rp 3,000, datanglah ketika sore menjelang, karena benteng ini ditutup jam 6 sore jadi jangan lupa merasakan embusan angin yang siap memanjakan kalian. Lepas bermain di benteng, mari kita menuju pantai Panjang! Tidak butuh waktu lama untuk pergi ke sana, kalian juga bisa menikmati sunset di pantai ini sambil mendengarkan deburan ombak yang berkejaran.

Jangan lupa untuk foto-foto di ikon yang bertuliskan Pantai Panjang. Pasir putih yang bertebaran, menambah sensasi liburan, kalian bisa menyewa motor kecil untuk berkeliling maupun menaiki delman, jangan lupa untuk mencoba mpek-mpek bakar sambil bersantai di pasir Pantai Panjang. Masuknya? Gratis! Jika kamu bawa kendaraan, hanya perlu membayar parkir saja.

Jika bergeser ke Timur sedikit, ada pemandangan alam yang sejuk seperti sedang berada di Puncak, Bogor, yaitu kawasan Curup. Destinasi yang berada di Timur Bengkulu juga tidak kalah ciamik, ada gunung Kaba jika ingin menguji adrenalin dengan hiking, jangan lewatkan juga untuk pergi ke Rejang Lebong untuk sensasi mandi air panas dan air terjun di Suban. Perjalanan dari Bengkulu Kota ke Rejang Lebong kurang lebih 3 jam dengan ciri khas jalanan yang ada di Sumatera, berkelok-kelok dan curam, menjadi sensasi tersendiri ketika berkendara di Sumatera, perjalanan tidak akan terasa sia-sia.

Curup dan Rejang Lebong banyak menyimpan destinasi air terjun yang masih belum banyak diketahui, namun jika kalian mandi air panas di Suban, di sana juga ada air terjun yang akan memberikan kalian semangat baru karena pemandangan alam yang beneran asri! Jika hanya ingin bersantai, Danau Mas Harun Bastari yang ada di Curup juga harus didatangi. Hamparan danau dan rumput hijau bisa menjadi tempat piknik keluarga. Harga destinasi sangat ramah dikantong.

Itulah beberapa destinasi liburan yang ada di Bengkulu, yang merupakan salah satu tempat pengasingan Bung Karno pada zaman penjajahan. Kalian tidak perlu khawatir untuk akomondasi tiket pesawat dan hotel. Kalian bisa memesan lewat Pegipegi saja! Banyak promo menarik yang diberikan sehingga bisa memangkas budget liburan kalian dan tentu, perjalanan akan semakin nyaman karena Pegipegi juga banyak memberikan tips khusus agar liburan terasa menyenangkan! Klik Pegipegi and get lost!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED