Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Okt 2018 19:00 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Buat Santai di Jepara

Khaerudin
d'travelers
Foto 1 dari 5
Bangku santai berjajar rapi sepanjang tepi pantai
Bangku santai berjajar rapi sepanjang tepi pantai
detikTravel Community - Kata siapa Jepara tidak punya pantai buat santai. Inilah Pantai Teluk Awur di Jepara yang asyik buat kamu datangi.

Ketika kita merasa penat karena tugas atau pekerjaan yang menumpuk, tidak ada salahnya jika kita mencari angin segar agar terasa lebih fresh. Bagi anda yang berdomisili di seputar Gunung Muria, yakni daerah Kudus, Jepara, Demak dan Pati, maka Pantai Teluk Awur Jepara merupakan salah satu destinasi yang layak untuk dipertimbangkan.

Ombak yang tenang, angin sepoi-sepoi, pepohonan yang rindang, tempat duduk yang melimpah, makanan dan minuman yang murah meriah serta tiket masuk yang gratis merupakan kombinasi sempurna untuk merefresh pikiran kita. Pantai Teluk Awur terletak di desa Teluk Awur Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Untuk mencapai pantai ini sangatlah mudah. Jika dari arah Semarang dengan membawa kendaraan sendiri, ketika sampai di pertigaan masjid Walisongo belok kiri, ikuti saja jalan besar, sampai di pasar Kedung belok kanan, lurus saja. Sampai di sebuah perempatan yang menanjak belok kiri. Nanti akan menjumpai perempatan, lurus saja sampai bertemu dengan papan nama besar bertuliskan Pantai Teluk Awur. Tidak perlu takut tersesat sebab ada papan nama yang jelas untuk menuju Pantai Teluk Awur.

Meski pantainya indah dengan fasilitas cukup lengkap tetapi untuk masuk tidak dikenakan biaya. Kita cukup menyediakan dana untuk parkir kendaraan saja. Sepeda motor Rp 3.000 sedangkan mobil Rp 5.000. Jadi berwisata di sini sangat irit dan hemat. Tempat parkir mobil cukup luas tempat parkir motor juga luas.

Begitu masuk ke lokasi pantai kita akan langsung disambut dengan deburan ombak kecil yang memecah pantai. Di sebelah kanan dan kiri pintu masuk berjajar bangku-bangku dengan rapi di bawah rindangnya pohon. Jika kita ingin sekedar melepas penat, cukup duduk di bangku yang tersedia sambil menikmati hembusan angin yang semilir.

Jika perut terasa lapar atau haus tidak perlu khawatir. Tak jauh dari bangku-bangku tadi warung-warung berjajar rapi. Cukup pesan segelas es ditambah dengan cemilan, pesanan akan segera diantar. Oh ya, disamping bangku-bangku tadi juga terdapat meja yang terbuat dari semen. Sehingga kita tidak perlu susah payah memegang makanan yang kita pesan. Di setiap meja juga terdapat colokan listrik yang dapat kita gunakan untuk mencharger handphone yang kita bawa. Sayangnya tidak semuanya menyala. Beberapa kali saya menjumpai colokan listrik yang tidak berfungsi.

Jika ingin berenang, fasilitas juga tersedia lengkap. Ada persewaan ban, pelampung untuk anak, kano kecil, tempat bilas, dan juga toilet. Jika kita cukup pandai berenang, langsung masuk saja ke dalam air juga bisa. Airnya tidak terlalu dalam, untuk jarak sekitar 10 meter dari bibir pantai kedalamannya hanya setinggi dada. Cukup aman untuk berenang baik anak kecil maupun dewasa. Jika ingin yang agak ekstrem juga bisa menyewa banana boat,  Flying Fish Boat atau Jet Sky.

Bagi yang datang dari luar kota dan hendak menginap. Di dekat Pantai Teluk Awur juga terdapat berbagai hotel dan resort. Antara lain Jepara Beach Hotel , Joglo Putu Inten Resort dan The Bayfront Villa Jepara. Hotel-hotel ini terletak di pinggir pantai sehingga memiliki pemandangan yang bagus. Saya sendiri belum pernah mencoba menginap di hotel yang ada di pantai teluk awur sebab rumah saya tidak terlalu jauh. Hanya sekitar setengah jam perjalanan dari rumah menuju pantai Teluk Awur.

Bagi yang menyukai sunset, pantai teluk awur adalah lokasi yang tepat. Pantai ini sangat cocok digunakan untuk melihat sang surya masuk ke peraduannya. Bagi yang suka gowes, Pantai Teluk Awur juga bisa ditelusuri dengan nyaman.

Sekedar informasi tambahan, desa Teluk awur merupakan tempat kelahiran mas Ajeng Ngasirah, ibunda Raden Ajeng Kartini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED