Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jan 2019 02:00 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Libur Akhir Pekan, Wisata Halal ke Pantai Syariah di Banyuwangi

Brigida Emi Lilia
d'travelers
Foto 1 dari 5
Melewati jembatan kayu yang menjadi penghubung Pulau Santen.
Melewati jembatan kayu yang menjadi penghubung Pulau Santen.
detikTravel Community - Banyuwangi punya banyak pantai untuk liburan akhir pekan, Tapi ada satu yang unik yatu Pantai Syariah di Pulau Santen yang memiliki konsep wisata halal.

Pulau Santen merupakan pulau kecil di Kelurahan Karangrejo yang sebelumnya dikenal kumuh dan kotor. Bahkan di dekat pulau itu dahulu terdapat lokalisasi yang mengakibatkan nama Pulau Santen menjadi negatif. Namun pada tahun 2013 lokalisasi itu telah ditutup secara permanen .

Secara bertahap Pemkab Banyuwangi mulai menata kawasan tersebut, bangunan liar ditertibkan, jembatan menuju Pulau Santen diperbaiki dan dicat, penanaman pohon dan mempercantik pantai. Kini penampilan Pulau Santen semakin cantik dan dikembangkan sebagai destinasi wisata berkonsep syariah atau halal.

Yang dimaksud dengan wisata syariah atau wisata halal ala Banyuwangi bukan berarti membatasi pengunjung hanya untuk kaum muslim. Ini melainkan mengembangkan destinasi wisata yang di antaranya ditandai dengan jaminan fasilitas halal seperti makanan halal, tidak menjajakan alkohol, pemberitahuan waktu jelang ibadah, tempat ibadah, serta fasilitas berkonsep pemisahan antara pengunjung laki-laki dan perempuan.

Ke depannya seluruh pramuwisata di Pulau Santen akan mengenakan jilbab dan mengedepankan konsep Islami di antaranya dengan memberikan salam dengan sopan. Untuk menjaga kebersihan, keindahan dan kelestarian kawasan pulau wisatawan yang datang diwajibkan membawa kantong plastik sebagai tempat sampah makanan atau minuman yang dibawa dan membuangnya ke tempat yang sudah disediakan .

Dampak positif dengan dikembangkannya wisata syariah di tempat ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan mengubah citra tempat ini menjadi lebih baik dari sebelumnya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED