Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jan 2019 06:00 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Surga Bawah Laut Halmahera Selatan

Edelweiss Blogger
d'travelers
Foto 1 dari 5
Ramai-ramai menikmati keindahan bawah laut Halmahera Selatan.
Ramai-ramai menikmati keindahan bawah laut Halmahera Selatan.
detikTravel Community - Indonesia adalah negeri surgawi. Tahun ini, rencanakan petualangan kamu ke Halmahera Selatan. Kamu pasti terpesona alam bawah lautnya.

Dalam Ekspedisi Maritim Indonesia Timur yang saya gagas bersama teman-teman Backpacker Nusantara, kami menjelajahi pulau-pulau di Halmahera selatan seperti Pulau Lelei dan Kepulauan Guraici, Kepulauan Widi dan Pulau Bacan. Ini adalah kali kedua saya mendatangi Maluku Utara dalam tahun 2018.

Jangan tanya saya seberapa indahnya hamparan terumbu karang Maluku Utara. Saya datang sampai 2 kali dalam setahun, itu artinya saya ketagihan dengan keindahan bawah laut Maluku Utara.

Di Ternate, spot snorkeling favorit saya adalah Jikomolamo dan Sulamadaha. Selain itu ada juga Pantai Falajawa dan Taman Nukila.

Saya berangkat bersama 60 orang teman traveler untuk menjelajah Kota Ternate dan pulau-pulau di Halmahera Selatan. Rencananya kami menjelajahi Pulau Lelei di Kepulauan Guraici, Pulau Kusu, Pulau Sali, Pulau Bacan, Pulau Pogo-pogo, dan Kepulauan Widi.

Kami merencanakan pada awal perjalanan hendak mengeksplor Pulau Sali dan Pulau Kusu yang berdekatan dengan Pulau Bacan, tetapi dikarenakan arogansi pihak pemilik resor di sana, kami dilarang mendarat di pantai. Bahkan, untuk snorkeling melihat terumbu karang di dekat pulau saja tidak diperbolehkan.

Itulah Parahdise Indonesia, dimana pulau-pulau cantik dikelola investor asing dengan izin dari kepala daerah setempat, tetapi malah menguasai mutlak darat dan perairannya. Walau kami tidak bisa mengeksplor Pulau Sali dan Kusu, hamparan terumbu karang Kepulauan Guraici, Kepulauan Widi dan Pulau Bacan mampu membuat kami semua berdecak kagum.

Bersyukurlah kita yang terlahir sebagai bangsa indonesia. Negara Maritim ini perairannya sangat kaya dan menjadi pusat keragaman hayati di dunia.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED