Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Nov 2018 14:34 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Oh, Cantiknya Alam Kalimantan Barat

Ega Tiara
d'travelers
Foto 1 dari 5
Perjalanan Naik Gunung Bawang di Kalbar
Perjalanan Naik Gunung Bawang di Kalbar
detikTravel Community - Kalimantan barat punya banyak tempat menarik untuk liburan. Mulai dari gunung sampai pantai, semuanya bisa traveler nikmati sampai puas.

Traveling ke negara-negara Asia sudah menjadi agenda tahunan para wisatawan yang menyukai tempat-tempat dengan pemandangan alam menakjubkan. Pesona Asia tidak kalah menarik dengan negara-negara Eropa maupun Timur Tengah. Memiliki pesona kepulauan dan bahari serta kaya akan kebudayaan merupakan nilai tambah bagi Indonesia yang juga menjadi primadona di Asia, bahkan beberapa pencinta alam nekat melakukan perjalanan ke pulau-pulau kecil dan pelosok rimba demi mendapatkan tempat yang benar-benar menakjubkan.

Terletak di antara dua benua dan dua samudera menjadikan Indonesia kaya akan alam yang indah, pulau-pulau kecil, gunung-gunung yang menjulang dari yang bisa menyemburkan lahar hingga bersalju. Hutan-hutan konon katanya masih saudara dengan hutan hujan Amazon serta lebih dari ratusan air terjun maupun riam yang mengalirkan sumber air bersih ke desa-desa kecil di kaki gunung. Sungai-sungai dengan bebatuan alami dan ikan-ikan yang segar untuk disantap di kala menjelajah ke dalam rimba.

Traveling ke tempat-tempat jauh seperti naik gunung ke pelosok Kalimantan Barat serta mengunjungi pulau-pulau kecil merupakan hobby saya delapan tahun belakangan. Beruntungnya gunung-gunung yang ada di pulau Kalimantan masih alami dan beberapa di antaranya merupakan habitat hewan langka. Masih kaya akan flora dan fauna dan keindahan yang masih terjaga serta hasil sungai dan hutan yang masih bisa dilihat di saat perjalanan menyusuri tempat-tempat indah tersebut.

Traveling dan sehat adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Syarat traveling yang utama adalah sehat, baik jasmani maupun rohani. Kesehatan merupakan kunci penting untuk dapat menikmati keindahan-keindahan yang sudah menunggu saya, dan sebisa mungkin untuk menghindari sakit saat cuaca berubah maupun saat capek melanda.

Berkegiatan di luar rumah memang menguras energi yang lebih banyak dan tubuh saya dituntut untuk siap dalam kondisi cuaca apapun. Polusi dan panas di kota kadang berbanding terbalik saat kita naik gunung maupun menikmati keindahan laut. Tiba-tiba hujan melanda dan dingin tidak bisa saya hindari.

Penyakit yang sering saya alami saat traveling adalah masuk angin. Saat badan capek setelah seharian main air, sesi fotoshoot di pantai serta perjalanan panjang badan akan terasa meriang, mual, pusing dan perut kembung. Dahi terasa hangat tapi kaki terasa dingin. Mengatasi masuk angin memang seperti hal yang mudah namun saat perjalanan jauh dan di medan yang berat terkadang memaksa kita untuk mencari cara yang praktis.

Saya lebih suka minum herbal yang hangat, beberapa sachet Tolak Angin akan selalu tersedia di dalam carrier ataupun day pack. Selain bisa dikonsumsi dengan cukup praktis, Tolak Angin juga bisa kita campurkan dalam minuman agar lebih hangat di saat malam tiba. Cuaca dingin alhasil akan terasa lebih hangat seperti tidur dalam sleeping bag yang berlapis bulu angsa saat hujan tiba.

Kehangatan jahe dicampur kapulaga, madu, pegagan, cengkeh, ada dan bahan-bahan alami lainnya benar-benar terasa enak di lidah dan langsung menghangatkan dan mengeluarkan angin di dalam tubuh.

Konon katanya orang yang mudah masuk angin adalah orang dengan tingkat kekebalan tubuhnya sedang lemah, untuk itu sebelum sakit lebih parah dan menjaga stamina saat perjalanan agar lebih prima, saya selalu sedia Tolak Angin kemanapun. Traveling sejauh mungkin akan memberikan kita kesehatan batin, namun traveling lalu pulang dengan sehat merupakan kebahagiaan untuk batin.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED