Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Jan 2019 14:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Desa Sumberdodol, Desa nan Kaya Mata Air

ardhiyan ekayani
d'travelers
Foto 1 dari 4
Sumber air dan pemandian umum Tirto Mudo
Sumber air dan pemandian umum Tirto Mudo
detikTravel Community - Desa Sumberdodol di Magetan wajib kamu kunjungi untuk liburan. Desa ini punya 11 mata air lho. Segar!

Bosan dengan destinasi wisata yang itu itu saja? Sesekali, cobalah traveling ke desa wisata untuk ganti suasana. Salah satu desa tujuan traveling kali ini adalah Desa Wisata Sumberdodol yang menyajikan panorama pertanian dan wisata air

Sumberdodol adalah sebuah desa yang terletak di kaki gunung Lawu. Tepatnya berada di kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Desa asri yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani ini, kini mulai menggeliat sebagai desa wisata yang mengandalkan wisata air karena desa ini meniliki banyak sekali sumber mata air.

Kurang lebih ada 11 mata air yang terdapat di desa ini. Yang terbesar adalah Tirto Mudo, yang terletak di tengah desa tepatnya di depan balai desa. Di Tirto Mudo ini, selain sebagai tempat wisata dan pemandian umum, kita juga akan menjumpai puluhan truk tangki yang mengantri untuk mengambil air kemudian didistribusikan ke desa lain di Kabupaten Magetan dan bahkan dibawa keluar Kota Magetan.

Ya, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa sendiri, air dari desa ini juga dimanfaatkan untuk dijual ke wilayah lain di Magetan dan kota lain. Bahkan PDAM kota Magetan juga menjadikan Tirto Mudo sebagai sumber mata airnya.

Beralih dari Tirto Mudo, tepat di belakang balai desa, terdapat kolam renang milik desa yang ramai dikunjungi masyarakat sekitar dengan tarif masuk yang relatif murah yaitu hanya 2 ribu rupiah per orang. Kolam renang desa ini airnya bersih dan sangat jernih karena berasal langsug dari sumbernya yaitu Tirto Mudo.

Lagi lagi berhubungan dengan wisata air yang terbaru dan menjadi andalan dari desa ini adalah Umbul Dampit yang menyuguhkan wisata bawah air. Meskipun masih dalam tahap pembangunan tapi tempat wisata satu ini sudah mulai ramai pengunjung baik dari kota Magetan maupun luar kota.
Selain menyuguhkan wisata air, panorama pertanian di Sumberdodol juga tak kalah menarik untuk dilihat.

Sejauh mata memandang, padi menghampar hijau menyejukkan mata. Selain padi, pertanian desa ini juga menghasilkan selada air dimana tanaman ini hanya tumbuh di daerah yang memiliki kualitas air yang baik.

Kebanyakan destinasi wisata di Sumberdodol berbasis wisata air,mulai kolam renang, sumber mata air, umbul dampit dan persawahan. Agar perjalanan tetap aman dan nyaman, sebaiknya traveler menyiapkan beberapa hal sebelum pergi ke desa ini, diantaranya topi, sunblock, kacamata dan baju ganti.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED