Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Des 2018 15:08 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Dijamin Gemas! Melihat Panda di Chengdu, Tiongkok

titry frilyani
d'travelers
Foto 2 dari 5
Dua ekor panda sedang bermain di luar ruangan
Dua ekor panda sedang bermain di luar ruangan
detikTravel Community - Chengdu di China terkenal sebagai kota 'Panda'. Memang benar, banyak hewan menggemaskan itu di sana.

Mendengar kota Chengdu di Tiongkok, yang paling pertama terlintas di pikiran adalah panda! Karena di kota inilah terletak Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding, pusat penelitian dan penangkaran panda raksasa pada khususnya dan hewan langka lainnya.


Saya beserta orang tua dan adik saya memang mengkhususkan waktu untuk berkunjung kesini. Perjalanan menuju pusat reservasi panda ini kami lakukan dengan taksi. Jaraknya memang agak keluar dari pusat kota dan memakan waktu sekitar 40 menit. Tapi ongkos taksinya tidak terlalu mahal. Hanya 40 yuan.


Cuaca agak mendung selama perjalanan, sampai disana mulai gerimis dan sempat juga agak besar walaupun tidak lebat. Jadi adik dan papa saya dadakan membeli jas hujan transparan yang dijual oleh pedagang di depan gerbang masuk Panda base.


Tiket masuknya adalah 58 yuan dan buka dari jam setengah 8 pagi hingga 6 sore. Tapi untuk manula (di atas 60 tahun) cukup membayar setengah harga. Lumayan kan. Memasuki kawasan ini, kita akan melihat patung Po (tokoh panda di film Kungfu Panda). Lucu banget deh, jadi kalau dtraveler kesini, jangan lupa berfoto di spot ini.


Pusat observasi ini cukup luas, jadi kalau berjalan kaki lumayan melelahkan walaupun sebenarnya bisa dilakukan jika kuat. Kami putuskan untuk naik mobil yang biasa disediakan tempat wisata, semacam odong-odong. Memang ada biaya tambahan sebesar 10 yuan, tapi tidak apa-apa selain untuk menghemat waktu, saat itu masih gerimis. Jadi, kami mengantri di spot tempat naik mobilnya untuk menuju satu spot observasi panda raksasa.


Dari tempat kami turun, kami harus berjalan sekitar 200 meter ke dalam. Sebelum mencapai ruang tertutup, di sebelah kiri jalan setapak yang kita lalui, kita bisa melihat beberapa panda. Tapi sayangnya saat itu pandanya sedang tidur.


Sesampainya di dalam ruangan, kita akan mendapati beberapa ruangan berkaca dimana kita bisa melihat aktivitas panda di dalam. Lucu sekali melihat panda-panda bermain satu sama lain. Gemes.


Dari ruangan yang tertutup, ketika kita meneruskan perjalanan kita bisa melihat panda yang ada di luar ruangan. Ada yang sedang tidur, ada juga yang sedang main-main. Tapi tentu saja, di sini kita tidak boleh pegang ya. Lagipula, memang kita tidak mungkin mendekat juga karena dibatasi pagar.


Di bagian lain, kita bisa melihat bayi-bayi panda yang sedang tidur. Untuk melihatnya kita hanya bisa melihat melalui kaca dan tidak boleh berlama-lama.


Menyusuri spot lain, kita bisa melihat panda merah. Panda merah ini tidak besar, punya ekor panjang, kakinya warna hitam dan jalannya lebih seperti musang.


Pusat observasi ini sangat asri dan hijau dengan lebatnya pohon bambu, sehingga tidak perlu khawatir berpanas-panas.


Di dekat pintu keluar, terdapat toko souvenir panda. Semua pernak-pernik panda ada disini! Para pecinta panda siap-siap kalap disini.


Menyenangkan sekali bisa berkunjung dan melihat panda disini. Tentu saja hal ini bisa dilakukan dengan bantuan tiket.com. Dengan tiket.com, sangat mudah untuk memesan baik pesawat maupun hotel. Karena jangkauannya tidak hanya di Indonesia, tapi juga mancanegara. Pilihannya juga banyak. Ditambah lagi ada promo yang bisa digunakan sehingga biaya pesawat dan hotel jadi lebih murah. Ga bakal nyesel deh booking hotel dan pesawat di tiket.com. Lebih gampang lagi dengan mendownload aplikasinya di handphone.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED