Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Jan 2019 10:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Agrowisata Seru di Taiwan, Ini Pilihan Tempatnya

pipit pianita
d'travelers
Foto 1 dari 5
Bunga rosella yang mekar di akhir musim panas bulan September di Taiwan. Biasanya dijadikan cuka minuman yang dicampur gula batu dan teh dari buah kumquat
Bunga rosella yang mekar di akhir musim panas bulan September di Taiwan. Biasanya dijadikan cuka minuman yang dicampur gula batu dan teh dari buah kumquat
detikTravel Community - Liburan ke Taiwan tak sekadar keliling Kota Taipei. Ada banyak destinasi agrowisata yang sayang dilewatkan.

Pertama kali datang ke Taiwan bersama Taiwan Leisure Farm Development Association (TLFDA). Saya mengalami pengalaman berlibur yang meningkatkan keahlian enterpreneur.

TLFDA mengajak saya terjun langsung dalam kerajinan pencelupan motif tie dye, membuat pizza sendiri dengan topping sayur dan buah, atau membuat cuka minuman dari ekstrak buah dan bunga untuk kesehatan. Buat saya pengalaman tersebut menyenangkan, dan bisa menjadikan motivasi semangat untuk mulai berwirausaha.

Saya mengunjungi tiga dari 200 pertanian anggota TLFDA di daerah Miaoli dan Yilan. Kedua daerah ini berada di luar Kota Taipei, ibu kota Taiwan. Sempat terbersit ketakutan soal akses menuju ke atau dari pertanian ke pusat kota.

Keribetan yang terpikirkan segera sirna, karena pertanian atau peternakan binaan memiliki paket-paket perjalanan yang memungkinkan fasilitas all in hingga antar jemput dari bandara atau Kota Taipei.

Kunjungan saya pertama kali adalah Fairy Story Village Organic. Kawasan pertanian dengan fasilitas guest house, hotel, restoran dengan sertifikat halal dari Chinese Muslim Association.

Uniknya, guest house dan hotel ditata seperti negeri dongeng, lengkap dengan perosotan, tempat tidur berbentuk kastil, bahkan tenda untuk bermain. Seperti pertanian di Taiwan pada umumnya, Fairy Story Village Organic memiliki variasi hasil pertanian yang berbeda tiap musim. Saya datang saat mekarnya bunga rosella, sehingga bisa mengikuti kegiatan membuat rosella vinegar dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Di Shangrila Leisure Farm saya bermain gasing dan membuat DIY permainan tradisional dari bahan baku bambu. Lalu berpindah Toucheng, Yilan. Kota kecil sebagai tujuan wisata untuk menikmati gunung dan laut untuk mengunjungi Toucheng Leisure Farm.

Letak resor dan pertanian ini sedikit terpencil dari balik bukit. Dimiliki Madam Mo, Toucheng Leisure Farm adalah destinasi perkebunan menarik buat wisatawan.

Saat tiba di sore hari, setelah diajak berkeliling di kebunnya yang penuh dengan sayuran, tanaman rempah dan bunga. Bersama pemandu, saya memetik sayuran dan buah untuk bahan topping pizza.

Ada kacang panjang, kecipir, terung ungu untuk dipadankan bersama udang atau tuna di atas pizza. Kegiatan di Toucheng Leisure Farm berakhir dengan menghias kaos atau tas menggunakan berbagai jenis bentuk daun yang dicelupkan dalam cat warna warni dan menerbangkan lampion berisi doa dan harapan.

Di Miaoli, kami mengunjungi Zhuo Ye Cottage. Zhuo Ye Cottage adalah cottage di atas gunung milik keluarga Cho King Pang. Di dalam cottage yang di tata layaknya desa tradisional Taiwan.

Mereka membuka workshop indigo tie dye dari ekstrak daun Kayan yang ditanam sendiri. Tanaman perdu yang diendapkan berhari-hari sehingga menjadi larutan warna biru gelap.

Saya bersama sesama turis Indonesia, Malaysia, dan Thailand larut dalam pencelupan pada kaos, tas, topi, atau scarf. Kami diberikan pengarahan cara pengikatan untuk mendapatkan motif-motif pada kain.

Kemudian masing-masing kami diberikan selembar kain putih untuk diikat sesuai motif yang diinginkan, lalu mengucek kain dalam larutan pekat daun kayan selama 10 menit, kemudian mencuci dalam air mengalir sampai endapan bersih.

Tahapan ini harus diulang sebanyak tiga kali. Sambil menunggu tahapan terakhir yaitu penjemuran. Kami makan di restauran vegetarian atau mencoba es krim jahe buatan sendiri.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED