Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Jan 2019 11:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Labengki dan Suburi, Destinasi Cantik dari Sulawesi

A. Maulana Nugraha
d'travelers
Foto 1 dari 5
Miniatur Raja Ampat, di Labengki
Miniatur Raja Ampat, di Labengki
detikTravel Community - Keindahan pantai dan alam wilayah Indonesia timur memang tiada duanya. Lihat saja Labengki dan Suburi di Sulawesi, bikin mata terpana!

Sulawesi tenggara merupakan salah satu destinasi favorite sebagian besar traveler, walaupun sulawesi tenggara bukan satu satunya yang menyuguhkan wisata alam yang menarik bagi traveler di pulau sulawesi.

Sulawesi tenggara dikenal dengan tempat wisatanya Labengki dan Sambori, dua kota yang menjadi paket wisata tidak terpisahkan, karena di sini merupakan destinasi yang terdapat dan digadang sebagai miniatur Raja Ampat. Selain itu di sini sering disebut sebut pantai yang memiliki pasir pink yang lembut.

Labengki dan Sambori merupakan dua kota yang terpisah dimana keduanya berada di dua provinsi yang berbeda yakni Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah. Walaupun berbeda provinsi kedua daerah ini sering dipaketkan menjadi destinasi yang sering di kunjungi oleh para traveler.

Kenapa tidak? Labengki dan Sambori terdapat destinasi yang dijaga kelestariannya sampai sekarang yang destinasi wajib dikunjungi adalah Rumah Nenek, Gua Allo, Pantai lasolo, Pantai Pasir Panjang, miniatur Raja Ampat, Puncak Khayangan, Blue Lagoon, Teluk Cinta dan masih banyak yang lainnya.

Pulau Labengki, pada umumnya traveler bisa beristirahat di Labengki kecil atau bisa disebut dengan Kampung Bajo. Karena tempat yang terdekat dari semua destinasi wisata, biasanya traveler menginap di perumahan penduduk dimana satu rumah biasanya memiliki rata-rata 8 kamar tidur dan 5 kamar mandi. Sehingga, satu rombongan bisa beristirahat dalam satu rumah. Dengan fasilitas tersebut menurut saya sudah terbilang nyaman walaupun di sana untuk listrik atau penerangan masih terbatas menggunakan mesin genset.

Jadi kalau siang hari otomatis tidak ada listrik, dengan kata lain listrik di sana masih sebatas di malam hari. Pulau Labengki secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara dan dapat di jangkau dari Kota Kendari, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara.

Bisa melalui jalan darat sekitar 1 jam menuju daerah toli-toli kabupaten konawe, dari toli-toli dilanjutkan dengan perjalanan laut dengan kapal kurang lebih 3 jam untuk bisa sampai ke Pulau Labengki.

Sampai di Kampung Bajo atau Labengki Kecil, wisatawan biasanya diajak untuk ke Pulau Lasolo pulau tak berpenghuni yang memiliki luas sebesar 81.800 ha yang dilindungi dan di jaga dibawah KLHK. Teluk Lasolo memiliki pasir putih agak kemerah mudaan (pink) yang lembut sehingga wisatawan bisa bermain pasir sambil menikmayo senja di pualau ini. Selain itu wisatawan bisa melihat lihat batu batu karang yang besar, serta para traveler pun bisa menaikinya akan tetapi para traveler harus hati hati karna batu karang tersebut sangat tajam, tergores saja sedikit kulit kita langsung berdarah, atau pakaian kita langsung robek.

Jadi apabila traveler ingin menaikinya harus bersedia membawa sarung tangan dan memakai alas kaki dan sandal atau sepatu. Setelah bermain pasir atau sekedar bejalan jalan di Teluk Lasolo, traveler kembali ke Kampung Bajo atau Pulau Labengki Kecil untuk beristirahat di malam harinya.

Labengki kecil ini selain tempat beradanya rumah penduduk atau penginapan bagi traveler, di sini juga di sebelah timur terdapat pantai yang luas dan memiliki panorma sunrise yang indah. Apalagi ditambah adanya menara mecusuar yang akan menjadikan spot foto yang memiliki moments yang tidak terlupakan.

Pada hari selanjutnya traveler mulai mengexplore sambori, yang dimulai dari Gua Allo, untuk menuju ke sini traveler harus melihat situasi pasang surut air laut. Karena posisinya berada diantara tebing tebing karang yang berhadapan langsung dengan laut lepas dengan kata lain tidak adanya pantai atau pasir yang membatasi air laut dan lokasi, sehingga apabila air laut dalam keadaan pasang pintu masuk ke Gua ini pasti tertutup oleh air, dan apabila air laut surut maka traveler bisa masuk ke dalamnya.

Walaupun aksesnya tergantung oleh pasang surut air laut, setelah berada di dalam Gua Allo akan menyuguhkan keindahan dalam gua yang begitu eksotis, warna warna dinding gua begitu memukau, warna tersebut tercipta dari tetesan-tetesan air atau aliran air yang jatuh dari atas. Sehingga membentuk warna dan bebatuan stalaknit yang memanjakan mata apalagi ditambah pantulan sinar matahari yang dibiaskan oleh permukaan laut.

Gua Allo merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke sambori, gua ini adalah gua yang didominasi oleh stalaktit dan stalakmit, gua yang berada di kawasan kepulauan sambori, sulawesi tengah yang terletak di deretan bukit karang laut yang indah, gua allo juga tergolong pada jenis gua basah, dan tergolong jenis gua stalaktit yang menyerupai kristal bergelantungan di langit-langit gua.

Selain Gua allo, ketika traveler mengunjungi ke Pulau Sambori yang terletak di Desa Matarape, Kepulauan Menui, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah, traveler bisa mengujungi beberapa destinasi lainnya seperti rumah nenek yang terkenal di sambori. Kemudian miniatur Raja Ampat atau puncak kayangan serta Teluk Cinta, walaupun jaraknya yang tidak sebentar tapi keindahan yang disuguhkan begitu mengagumkan, terutama di rumah Nenek. Di sini terdapat sebuah gubuk yang di huni oleh nenek yang berusia hampir 1 abad ini tinggal di atas laut serta di kelilingi oleh bukit karang yang menjulang.

Rumah yang terbuat dari bambu yang letaknya jauh dari pemukiman menjadikan daya tarik dunia traveler. Bayangkan saja gimana kehidupan nenek tinggal bersama keluarganya di tengah lautan yang dimana tidak adak rumah lain yang berada di sampingnya. Hidup yang mengandalkan sampan untuk mencari ikan untuk memenuhi kebutuhan pokonya.

Keberadaan rumah nenek ini menjadi destinasi yang memiliki daya tarik tampa ada hentinya walaupun labenki dan sambori merupakan provinsi yang berbeda, traveler menjadikan paket wisata yang lengkap antara labengki dan sambori.

Perjalanan yang begitu menguras tenagaterbayar lunas oleh keindahan keindahan Pulau Labengki dan Sambori. Makanya saya perlu merencanakan liburan saya semaksimal mungkin, karena perjalanan jauh itu saya percayakan kepada tiket.com mulai dari penginapan di kendari serta transportasi udaranya.

Tingal atur waktu kapan keberangkatannya kemudian buka aplikasi tiket.com dan cari tiket pesawat yang sesuai dengan waktu yang kita inginkan lalu kita booking, serta tidak lupa memakai kode promo yang pastinya tiket.com setiap bulannya memiliki promo-promo spektakuler yang tidak bikin kantong jebol. Nah, tunggu apalagi langsung buka aja aplikasi tiket.com, rencanakan liburan akhir tahun anda bersama tiket.com.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED