Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Jan 2019 11:56 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jatuh Cinta Denganmu, Tanjung Bira

Deni Aulia Gafie
d'travelers
Foto 1 dari 5
Sunset Tanjung Bira
Sunset Tanjung Bira
detikTravel Community - Destinasi vitamin sea selalu saja dicari oleh milenial. Sudah kenal dengan Tanjung Bira? Pantai yang punya pasir sehalus bedak. Bikin jatuh cinta!

Pantai Tanjung Bira adalah salah satu destinasi pantai yang tak kalah eksotis dengan rentetan pantai di Bali atau Lombok. Lokasi tepatnya berada di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.  Sekitar lebih kurang 5-6 jam berkendara naik mobil dari Makassar, menuju ujung selatan Pulau Sulawesi.

Pantai Tanjung Bira kurang terkenal dan eksis dibandingkan dengan destinasi yang ada di Sulawesi Selatan. Contohnya saja seperti Tana Toraja, Rammang-Rammang, Bantimurung, atau tetangganya Pulau Selayar, atau bahkan Takabonerate. Padahal, Tanjung Bira adalah gerbang untuk bisa mencapai Selayar dan Takabonerate, loh!

Keindahan pertama yang akan membuat kalian betah begitu tiba di pantai Tanjung Bira adalah pasir pantai nya yang putih dan super lembut. Tidak seperti pantai lain yang pasirnya sulit dibersihkan dan suka menempel terus di badan, pasir di Tanjung Bira ini gampang banget untuk disingkirkan dari badan.

Selain itu, perpaduan warna air laut nya pun menambah kecantikan pantai yang cukup panjang ini. Dari kejauhan nampak gradasi warna biru-hijau tosca yang sangat jernih, terbentang luas.

Kalau ke sini, coba lah untuk bentangkan kain dan berjemur selama beberapa jam. Meskipun ada beberapa warung makanan di pantainya, kebersihan pantai masih sangat terjaga dan suasananya pun sangat menenangkan. Ditambah lagi dengan suara gemericik ombak teduh, Tanjung Bira memang pas untuk kalian yang ingin berjemur dan mencari ketenangan.

Kalau air sedang surut, kalian bisa juga menyusuri garis pantai ke arah barat menuju Pantai Bara yang nggak kalah cantik. Pasir pantainya juga halus dan di pantai Bara ada beberapa pohon kelapa yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto.

Oh ya, traveler juga bisa snorkelingan di sekitar Tanjung Bira. Tepatnya, kalian bisa menyewa perahu dari Pantai Tanjung Bira untuk snorkeling ke sekitar Pulau Kambing atau Liukang Loe yang jaraknya tidak terlalu jauh. Biayanya, di tahun 2014 adalah IDR 400.000,-/boat untuk sekitar 5 jam dan muat diisi hingga sekitar 10 orang.

Memandangi matahari kembali ke peraduan adalah hal yang sangat menyejukkan. Jika kamu menyukai sunset, Tanjung Bira bisa menjadi salah satu tempat yang akan membuat kamu terpesona.

Di sini, matahari terbenam tepat di tengah lautan lepas nan luas dan kalian bisa memandanginya tanpa penghalang. Jika langit cerah, pastinya semburat sinar jingga matahari akan melukis langit dan menambah suasana semakin 'pecah'.

Spot terbaik untuk menikmati sunset menurut saya adalah di pantai antara Tanjung Bira dan Bara. Untuk menuju kesini, jika air sedang pasang, kalian bisa memutar melewati jalan berbatu dari cabang jalan di Pantai Tanjung Bira. Tidak lama, hanya sekitar 20 menit berjalan kaki.

Sunset yang menawan ditambah dengan perpaduan gradasi warna air laut yang menyegarkan dijamin akan membuat kalian semakin betah berlama-lama di Tanjung Bira. Jadi, kapan kamu ke Tanjung Bira?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Laporan dari Jerman

Foto: Gembok Cinta Abadi Kota Cologne

Kamis, 25 Apr 2019 06:20 WIB

Di Kota Cologne, Jerman traveler bisa mengabadikan cinta bersama pasangan. Ada destinasi gembok cinta Jembatan Hohenzollern yang wajib kamu kunjungi di sini.