Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Mar 2019 10:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengintip Indahnya Vihara Dewi Kwan Im di Sukabumi

Saepulloh
d'travelers
Foto 1 dari 5
Altar Utama Vihara Nam Hai Kwan Im Po Sat
Altar Utama Vihara Nam Hai Kwan Im Po Sat
detikTravel Community - Weekend di Sukabumi, kunjungi Vihara Nam Hai Kwan Im Po Sat. Arsitekturnya yang keren, juga pemandangan di sekitar vihara yang menawan.

Vihara Nam Hai Kwan Im Po Sat atau yang sering disebut Vihara Dewi Kwan Im merupakan vihara di atas bukit di Kabupaten Sukabumi. Vihara ini mirip dengan vihara-vihara yang ada di Thailand karen lokasinya yang langsung menghadap ke Pesisir Pantai.

Sedikit share perjalanan saya menuju Pelabuhanratu yah guys. Jadi saya dari Bekasi menggunkan KRL Commuter Line dari Stasiun Tambun yang dekat dengan rumah. Setelah itu saya transit di Stasiun Manggarai dan pindah ke jalur 8 untuk naik KRL jurusan Bogor. Nah di Stasiun Bogor, saya lanjut perjalanan ke Terminal Baranangsiang menggunakan ojek online.

Dari Terminal Baranangsiang saya naik Bus MGI jurusan Bogor Pelabuhanratu AC. FYI yaa guys, bus ini ada Ekonomi dan AC. Harganya pun beda yah. Kalo AC kisaran Rp 40 ribu- Rp 50 ribu, sedangkan Ekonomi kisaran Rp 30 - 40 ribu. Jarak tempuhnya kurang lebih 3 - 4 jam yah, Bogor ke Pelabuhanratu.

Nah kali ini saya penasaran sama vihara yang ada di dekat Pelabuhanratu nih guys. Karena selain untuk tempat ibadah Umat Buddha, vihara ini juga di buka untuk umum juga alias siapapun boleh masuk ke sini. Nama viharanya adalah Vihara Nam Hai Kwan Im Po Sat.  

Vihara yang terletak di daerah Loji, atau alamat lengkapnya ada di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Sukabumi, Jawa Barat ini memiliki pemandangan yang sangat indah bak vihara-vihara di Thailand.

Di pintu masuk kalian akan disambut dengan dua patung naga berkepala tujuh yang badanya akan mengiringi kita naik keatas dengan tangga-tangganya. Selajutnya kalian akan melihat patung yang cukup besar berselimutkan kain berwana orange. Naik ketas lagi kalian akan melihat beberapa bangunan yang di fungsikan sebagai penginapan. Nah penginapan ini bisa disewakan yah guys.

Oh iya, mungkin kalian akan menaiki ratusan anak tangga hingga ke paling atas yah. So harus kuat yah. Setelah kalian melewati penginapan, kalian akan menemukan bagunan yang di fungsikan sebagai kantin, toilet, dan musolah. Jadi jangan khawatir kalian bisa makan siang disini dan untuk yang muslim kalian bisa solat di sini. Setelah sejenak beristirahat kalian akan sampai di altar yang paling besar dengan view pantai di depanya.

Ini bisa dibilang altar paling besar yang ada di sini. Kalian boleh masuk dan berkeliling disekitaran sini. Tapi harus lepas alas kalian yah dibawah. Guys, ini kan sebenarnya vihara yah tempat ibadahnya Umat Buddha, jadi pasti disini banyak yang sedang beribadah dan berdoa. So kalian tolong hargai mereka yang beribadah yah. dengan cara jangan menggangu dan berisik.

Di altar pertama ini terdapat banyak patung, dan salah satunya adalah patung Sungokong dan Gurunya. Kalian juga akan melihat banyak sesajian yang ada disekitaran patung. Karena salah satu view pantai yang paling bagus ada di altar ini, jadi biasanya agak ramai.

Setelah dari sini kalian bisa naik dan menuju ke Pendopo Eyang Prabu Siliwangi yang berada disebelah kanan atau kalian bisa melanjutkan naik. Diatas sebelum akan melihat patung burung bermoncong buaya dan berwarna emas. Di patung ini juga terdapat batu berwarna agak kemerahan tepat berada di lehernya. saya sih kurang tau artinya apa, tapi sepertinya ini salah satu patung yang diagungkan, karena disekitaran sini juga banyak ditemukan sesajian.

Tepat disebelah kanan terdapat tangga naik keatas yang menuju ke Pendopo Nyi Roro Kidul. Sudah bisa terlihat dari luar ada lukisan Nyi Roro Kidul dengan ornamen yang serba hijau. Kalian bisa masuk kok. Pendopo Nyi Roro Kidul ini merupakan pendopo teratas yah, jadi tidak ada pendopo lagi diatasnya. Dari sini pun kalian bisa melihat view pantai yang sangat indah.

Guys, masuk vihara yang sering disebut Vihara Dewi Kwan Im ini gratis. Paling nanti kalian bayar parkir aja. Kalian cukup berperilaku sopan, tidak berlaku asusila dan juga menjaga ucapan. Yang tetap harus kita ingat adalah kita sedang berkunjung ke tempat ibadah, so kita harus saling menghargai.

Segitu dulu yah guys cerita saya tentang melihat indahnya vihara Dewi Kwan Im di Sukabumi ini. Mungkin bisa menjadi salah satu daftar kunjungan kalian ketika ada di Kabupaten Sukabumi, dan dekat dengan Pelabuhanratu. Selamat berlibur ya!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA