Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Mei 2019 02:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jalan-jalan Saat Puasa ke Pasar Legi Kotagede, Yogyakarta

Jodi El Ghazi
d'travelers
Foto 1 dari 5
Suasana di Pasar Legi Kotagede
Suasana di Pasar Legi Kotagede
detikTravel Community - Pasar tradisional tidak hanya berjualan sayur atau daging. Pasar Legi di Kotagede, Yogyakarta berjualan hewan sampai batu akik. Unik buat jalan-jalan saat puasa.

Di Pasar Legi Kotagede setiap 5 hari sekali menjadi pasar yang amat sangat ramai oleh berbagai macam pedagang. Dari pedagang hewan hingga penjual batu akik ada di sini.

Pasar ini lebih tua dari Pasar Beringharjo. Nama aslinya Pasar Sargede, namun sekarang lebih populer dengan nama Pasar Legi Kotagede. Pasar Legi Kotagede sudah berdiri sejak abad ke-16 atau pada zaman kerajaan Mataram Islam.

Terletak di Jalan Mentaok Raya, Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta, pasar ini tidak hanya menjual sayur mayor, daging-dagingan, ikan, dan hal lain yang berhubungan dengan dapur. Namun ada hal unik di Pasar Legi Kotagede ini.

Dinamakan Pasar Legi karena puncak keramaian ada pada hari pasaran Legi dalam penanggalan Jawa. Pasaran ini akan terjadi setiap 5 hari sekali. Saat hari pasaran tiba, keramaian sangat terlihat karena bahu jalan pasar dipenuhi oleh para pengunjung dan pedagang, sehingga tak jarang membuat macet jalanan yang dilalui oleh kendaraan.

Banyak pedagang membuka lapaknya ketika pasaran Legi. Beberapa pedagang seperti pedagang hewan, terutama ungags seperti burung, ayam, bebek, dan mentok. Ada pula pedagang hewan lain, seperti ikan hias dan kelinci. Pedagang sandangan murah, alat-alat pertukangan, obat herbal, hingga perhiasan batu akik juga turut serta meramaikan pasaran di Pasar Legi Kotagede.

Para pedagang biasanya sudah ada di pasar sejak pukul 06.30 WIB. Lalu Pasar Legi Kotagede mulai ramai sekitar pukul 07.00 WIB, akan semakin ramai ketika waktu memasuki pukul 10.00 WIB, dan mulai sepi setelah Dzuhur atau lewat pukul 12.00 WIB.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ternate, Secuil Surga di Maluku

Rabu, 26 Jun 2019 10:50 WIB

Ternate, sebuah kota di pulau kecil di timur Indonesia mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Pantai, danau, gunung semua lengkap dan indah!