Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Mei 2019 16:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Dibuka 12 Mei, Lihat Lagi Indahnya Semeru

Foto 1 dari 5
Mahameru 3.676 Mdpl
Mahameru 3.676 Mdpl
detikTravel Community -

Melalui surat edarannya, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan kembali membuka pendakian Semeru Minggu besok. Yuk, lihat indahnya Semeru.

Pendakian gunung Semeru secara resmi dibuka mulai Minggu, 12 Mei 2019. Sudah barang tentu banyak pendaki yang akan atau merencanakan ke sana.

Ya, tiap tahun sebagian besar jalur pendakian gunung di Indonesia ditutup karena alasan pemulihan ekosistem atau menjaga kelestarian gunung, salah satunya Gunung Semeru.

Gunung semeru secara administratif terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Merupakan gunung api tertinggi ketiga di Indonesia setelah Kerinci dan Rinjani dan merupakan gunung tertinggi keempat setelah Carstenz di Papua, Kerinci di Sumatera dan Rinjani di Lombok.

Semeru memang sudah terkenal akan keindahan alamnya, juga jalur berpasirnya yang berat saat menuju puncak Mahameru. Indahnya Ranukumbolo, danau yang super cantik, Oro-oro ombo, Kali mati dan juga gagahnya puncak Mahameru dengan kawah Jongring Salokonya.

Di balik keindahan yang ditawarkan, jangan sampai lupa akan banyaknya bahaya yang mengincar. Terutama jika kita tidak memperhatikan aspek keselamatan dalam mendaki.

Penting sekali menerapkan standar keselamatan dalam mendaki seperti persiapan logistik, alat-alat mendaki yang standar, kesiapan fisik, mental juga persiapan pengetahuan untuk survive di keadaan emergensi. Jangan sampai kita mendaki malah membahayakan diri kita sendiri serta rekan kita.

Yang paling penting juga, kita harus menjaga etika saat mendaki baik kepada sesama pendaki juga alam. Jagalah kelestarian gunung, jangan merusak juga dan membuang sampah sembarangan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA