Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Jun 2019 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Weekend Getaway di Jakarta: Main Air di Pulau Pramuka

Hayyu Zaakiyah
d'travelers
Foto 1 dari 3
Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu
Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu
detikTravel Community - Mumpung hari Jumat, mungkin ada di antara traveler yang berencana liburan di Jakarta saja. Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu pun bisa jadi rekomendasi.

Masyarakat sekitaran daerah ibukota Jakarta pasti sudah tidak asing dengan Kepulauan Seribu. Kumpulan beberapa pulau yang bisa dijadikan tempat wisata yang jaraknya tidak jauh dari ibukota. Dari beberapa kepulauan yang menjadi gugusan Pulau Seribu, ada satu pulau yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Pramuka.

Dengan luas pulau yang tidak terlalu besar, para wisatawan bisa menyusuri pulau ini dengan bersepeda. Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh juga menjadikan pulau ini tidak pernah sepi peminat. Apalagi jika sudah masuk musim libur panjang, Pulau Pramuka akan penuh dengan wisatawan dari mancanegara.

Sebagai pusat pemerintahan, di pulau ini terdapat beberapa fasilitas umum yang dapat dijumpai seperti gedung-gedung perkantoran, pusat kesehatan, sekolah mulai dari tingkat SD-SMA, masjid, tempat pelelangan ikan, dermaga dan tentu saja penginapan untuk pengunjung.

Salah satu daya tarik di pulau ini adalah adanya ekowisata dan wisata edukasi mangrove, tempat penangkaran penyu sisik dan tempat penangkaran ikan hiu. Adanya penangkaran penyu sisik dan ikan hiu menjadikan tempat ini cocok menjadi tempat edukasi dan juga pembelajaran bagi pengunjung untuk lebih memahami tentang binatang laut.

Di tempat ini pengunjung bisa melihat hewan tersebut dari pada saat usianya masih muda sebelum dilepaskan di laut. Selain ekowisata dan wisata edukasi mangrove, aktifitas yang paling banyak dilakukan adalah mengunjungi beberapa pulau di sekitarnya seperti Pulau Semak Daun, Pulau Air, dan Pulau Gosong serta diving dan snorkeling.

Selain aktifitas yang sudah dijelaskan di atas, pengunjung bisa melakukan aktifitas lainnya seperti bersepeda, barbeque, menikmati sunrise di bibir pulau, camping, bermain perahu di sekitaran pulau dan berburu spot foto.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA