Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Jun 2019 10:05 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Libur Lebaran di Jakarta: Main Bareng Penyu di Kepulauan Seribu

Junike M Polla
d'travelers
Foto 1 dari 5
Meletakkan kembali jenis penyu sisik dewasa ini secara perlahan
Meletakkan kembali jenis penyu sisik dewasa ini secara perlahan
detikTravel Community - Libur Lebaran telah tiba. Buat kamu yang cuma di Jakarta, coba deh main ke Pulau Kelapa Dua di Kepulauan Seribu. Bisa wisata edukasi penyu.

Pulau Kelapa Dua menjadi tempat kunjungan terakhir saya dan teman-teman sebelum akhirnya kembali ke Jakarta.
Bersyukur sekali ketika juru mudi kapal yang kami gunakan membawa kami ke pulau ini. Penasaran apa yang ada di sini? Ternyata pulau ini digunakan sebagai lokasi pelestarian penyu atau tempat penangkaran penyu.

Semangat kami makin menjadi saat pandangan mata semakin dekat dengan pulau ini. Tidak sabar untuk melihat penyu-penyu lucu yang menggemaskan, kami pun melangkah memasuki area dengan senyum sumringah. Betapa tidak, di sisi kiri dan kanan dermaga sudah terlihat beberapa ekor penyu berukuran sedang.

Ada ilmu di setiap perjalanan. Di tempat inilah saya secara langsung melihat pemeliharan penyu-penyu yang dipisahkan sesuai usia mereka, mulai dari usia bayi 10 hari atau yang disebut (tukik penyu), satu bulan, dua bulan sampai dewasa. Tawa lebar dari pengunjung di ruangan ini sangat ramai, apalagi petugas mengizinkan pengunjung untuk bisa menyentuh hewan berjenis penyu sisik ini walau sebentar saja.

Meski diizinkan, tapi kita harus tahu bagaimana melakukan kontak langsung yang aman dengan hewan lucu ini. Pastikan dahulu tangan kita bersih dan menyentuh mereka dengan perlahan dan letakkan kembali secara perlahan.

Hindarilah menyentuh tukik-tukik penyu ini jika tangan dalam keadaan kotor atau sedang menggunakan lotion (sunscreen,sunblock, karena kontak langsung dengan zat-zat kimia akan menggangu pertumbuhan penyu-penyu ini.

Jadi, sudah tahu kan salah satu tempat edukasi yang asyik di sini? Dengan perjalanan murah membeli tiket kapal dari pelabuhan Kaliadem sampai Pulau Harapan Anda dengan mudah bisa mengunjungi tempat ini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA