Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Jun 2019 10:53 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menikmati Rinjani dari Segara Anak yang Mempesona

Lalu Irwan
d'travelers
Foto 1 dari 5
View dari puncak Gunung Kondo
detikTravel Community - Taman Nasional Gunung Rinjani sempat tutup. Walau sudah buka kembali, ada Segara Anak dan Gunung Kondo yang tetap mempesona.

Pendakian ke puncak Rinjani di tutup untuk Sementara setelah gempa 2018. Saya dan beberapa pendaki ingin melihat Rinjani, Segara Anak dan Gunung Baru. Jari ada alternatif lain yaitu mendaki ke Gunung Kondo 3.200m dpl melalui desa Tetebatu.

Bukit Kondo atau Gunung Kondo berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani pada ketinggian 3.200 meter di atas permukaan laut yang terletak di -8.453353, 116.410269 termasuk wilayah desa Tetebatu, Kabupaten Sikur, Lombok Timur, dari puncaknya kita bisa melihat pemandangan yang indah yaitu: Danau Segara Anak, Gunung Baru Jari dan puncak Gunung Rinjani dari dekat.

Pendakian Gunung Kondo membutuhkan waktu minimal 2 hari perjalanan yang di mulai dari desa Tetebatu yang ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Perjalanan dimulai di hutan Monyet (objek wisata hutan di Tetebatu dihuni oleh monyet atau kera) di sini kita bisa melihat kera (monyet) yang sangat banyak dan dari tempat ini kita dapat dengan jelas melihat gunung Kondo yang menjadi tujuan kita.

Setelah berjalan kaki 30 menit dari Hutan Monyet kita akan memasuki hutan lebat dan jalan yang kita lalui baru / alami dan terasa dingin karena banyak pohon yang melindungi kita dari matahari dan tidak terasa setelah 1 jam 30 menit kita tiba di tempat pertama untuk istirahat di Post satu disebut pondok Belanda (mungkin tempat ini dulunya digunakan oleh orang Belanda untuk beristirahat sebelum melanjutkan pendakian ke Gunung Kondo).

Setelah istirahat, kita melakukan perjalanan dan setelah 30 menit kita akan memasuki padang rumput dan di tempat ini kita dapat melihat desa Tetebatu jauh di belakang, dan Gunung Rinjani di samping kanan berdiri megah. Setelah 1 jam 30 menit kami meninggalkan Pondok Belanda kami mencapai tempat lapang yang kami namakan (Pos dua) untuk makan siang dan istirahat.

Setelah makan siang dan istirahat yang cukup kita akan melanjutkan perjalanan ke tempat bemalam dan jalurnya cukup curam, sehingga kita akan mencapai camping area setelah 2 jam waktu normal dan di tempat ini kita mendirikan tenda untuk istirahat, makan malam dan bermalam di tenda.

Hari kedua kita akan bangun pagi sekitar pukul 04.30 untuk sarapan dan mimuman hangat. Kemudian mendaki selama satu jam menuju Puncak Gunung Kondo. Sampai di puncak kita bisa menikmati pemandangan matahari terbit dari sisi timur Gunung Rinjani dan pemandangan Danau Segara Anak yang indah, gunung Baru Jari dan puncak Rinjani yang menjulang tinggi menembus awan.

Setelah puas menikmati pemandangan kita akan turun kembali ke basecamp untuk Sarapan ke dua akan melanjutkan perjalanan kembali ke desa Tetebatu selama 5 jam melalui jalur yang sama.