Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Jul 2019 13:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Di Yogya Kamu Bisa Ngopi Sambil Main Air

Jetrani Reza Dias
d'travelers
Foto 1 dari 5
Limasan yang dikelilingi kolam ikan dan terletak di tepi sungai.
Limasan yang dikelilingi kolam ikan dan terletak di tepi sungai.
detikTravel Community - Liburan ke Yogyakarta, kamu bisa coba main ke Kampung Wisata Flory. Di sini bisa ngopi sambil main air lho. Asyik banget!

Bagiku yang sejak 1,5 tahun lalu pindah ke Jakarta, ketika pulang ke Yogya, wisata kuliner menjadi hal yang wajib dilakukan. Seperti beberapa hari kemarin, aku dan keluarga makan siang di kawasan Kampung Flory di daerah Plaosan Tlogoadi Mlati Sleman, Yogyakarta.

Sampai disana, karena kebetulan hari Sabtu, Kawasan Kampung Flory ini sangat ramai. Ternyata kawasan ini mengkombinasikan antara kuliner serta wahana wisata. Di Desa Wisata Flory yang berada di kawasan Kampung Flory, kita akan menemukan dua lokasi kuliner yang memiliki sejumlah wahana wisata, yakni Bali nDeso dan Kopi Keceh.

Sekilas lokasinya nampak nyaman, parkir luas, masakannya enak, dan setelah melihat menu harganya juga terjangkau. Kedua lokasi kuliner ini berdekatan dan punya atmosfer yang sama berupa gaya etnik khas pedesaan dengan ruang makan terbuka yang langsung menghadap pemandangan alam. Tak jauh dari keduanya ada Puri Mataram dan Iwak Kalen.

Dari yang aku baca, kawasan kuliner ini dulunya lahan yang kurang maksimal pemanfaatannya. Bahkan ada yang sangat jarang dirambah warga sekitar. Lalu oleh sejumlah orang bekerjasama dengan generasi muda sekitar, lahan ini diubah menjadi lokasi kuliner yang dikombinasikan dengan wahana wisata.

Di kopi keceh sendiri, salah satu menu yang paling banyak diburu pengunjung konon adalah minumannya yaitu Kopi Keceh. Kopi Keceh merupakan kopi susu dengan campuran ketan hitam, dengan pemanis dari gula merah. Kopi yang digunakan jenis robusta dari Temanggung Jawa Tengah. Harga segelas Kopi Keceh ini pun tak menguras kantong karena hanya Rp 18 ribu.

Kalau mau makan di sini, ada berbagai pilihan paket yang bisa kita pesen. Ada Paket Juragan (untuk enam orang) yang isinya berupa satu ekor gurame jumbo (masak asam manis), enam ekor Nila Bakar, satu bakul nasi putih, satu porsi ca kangkung, satu porsi ca brokoli, enam gelas teh manis, enam botol air mineral, enam gelas jus jambu plus seporsi buah segar yang harganya Rp 325 ribu.

Ada pula paket per orang atau disebut Paket Priyayi yang isinya menu ayam atau nila masak goreng atau bakar plus seporsi nasi, tahu goreng, lalapan dan sambal yang harganya mulai Rp 18-22 ribu per paket.

Bagi yang ingin makan dalam rombongan besar, di sini banyak limasan yang bisa menampung hingga 70 orang. Tempat ini sering digunakan untuk acara arida, halal-bihalal dan juga outbond.

Di bagian belakang limasan ada sungai Bedog yang ramai dimanfaatka anak kampung sekitar untuk mandi dan atraksi loncat ke sungai. Air sungai yang masih jernih dengan banyak bebatuan besar pun menggoda untuk sekedar mencelupkan kaki.

Bagi pengunjung yang mau kekeceh (bermain air), tidak perlu repot turun ke sungai. Pengelola menyediakan kolam renang dengan air sungai yang diberi bola-bola mini (seperti mandi bola versi di kolam air sungguhan) dengan tiket masuk seharga Rp 8 ribu rupiah per orang.

Ada pula dekorasi lucu yaitu susunan batu-batu yang menjulang tinggi yang cocok untuk foto-foto sambil bergaya seakan sedang menyusun batu.

Di Kopi Keceh Kampung Flory yang terletak di Komplek Kampung Flory, Dewi Flory, Plaosan RT 01 RW 20, Tlogoadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman ini sudah tersedia fasilitas pendukung yang cukup lengkap seperti mushola, kamar mandi, parkir luas, kolam renang, limasan, dan sejumlah spot foto menarik.

Bagaimana, tertarik buat kesini? Leboh enak ramai-ramai bersama teman atau keluarga besar supaya bisa pesan menu paket sehingga menu makanannya bisa variatif.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA