Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Jul 2019 11:22 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Melihat Surga Kecil dari Sulawesi Tengah

Rukly Chahyadi
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pulau Timbul
Pulau Timbul
detikTravel Community - Kota Ampana punya keindahan yang tidak pernah akan habis diceritakan. Lokasinya ada di Teluk Damai Beach berada di Tete B, Ampana Tete, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

Di antara pepohonan kelapa dan pohon bakau, saya memesan secangkir kopi sambil menikmati pemandangan. Fandi pemilik usaha, menemani saya dan bercerita bahwa awal mula tempatnya dikenal masyarakat melalui promosi di media sosial.

Setiap akhir pekan mulai ramai dikunjungi wisatawan, perlahan-lahan dia mulai menata tempat agar lebih menarik, terlihat payung berwarna-warni dipasang di atas meja yang terbuat dari sisa kayu bekas. Tidak ketinggalan ayunan yang terbuat dari ban bekas mengantung di antara tiang kayu dan lebih menarik lagi pohon-pohon sepanjang bibir pantai dibuat menjadi rumah pohon agar wisatawan dapat duduk bersantai sambil menikmati birunya laut.

Terdapat sebuah pulau kecil ditumbuhi pohon bakau dan pasir timbul atau yang lebih dikenal dengan sebutan pulau timbul tepat di depan Pantai Teluk Damai. Karena penasaran saya menyewa perahu yang mengantar berkeliling.

Ada yang menarik dari cerita pasir timbul yang bikin kita merasa jadi pemilik pulau. Pulau Timbul atau pasir timbul adalah pasir yang muncul ke permukaan saat air laut lagi surut, biasanya terjadi saat bulan purnama.

Ada sensasi tersendiri berada di tengah lautan luas dan berdiri di atasnya. Menurut cerita, di pasir timbul ada rumah terapung di bangun warga Perancis yang lagi berbulan madu. Setelah mereka kembali ke negaranya rumah tersebut ditinggal begitu saja.

Karena sudah tidak terawat, dengan sendirinya rumah terapung terbawa air laut bersama cinta warganya. Lokasi wisata ini menyajikan kedamaian, keheningan dan kesegaran air laut yang dijamin masih alami.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA