Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Agu 2019 12:34 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengunjungi Madeira, Tanah Kelahiran CR7

Arpawi Harun
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pemandangan kebun raya Madeira yang menghadap ke samudera Atlantik
Pemandangan kebun raya Madeira yang menghadap ke samudera Atlantik
detikTravel Community - Madeira di Portugal adalah tanah kelahiran dari Cristiano Ronaldo. Berkunjung ke sini, traveler bisa napak tilas jejak kesuksesan CR7.

Kalau di Indonesia kita punya pulau Madura, Portugal juga memiliki sebuah kepulauan yang namanya hampir mirip yaitu Madeira yang diambil dari nama pulau utamanya. Mungkin nama ini masih asing di telinga kebanyakan orang Indonesia.

Bagaimana dengan nama Cristiano Ronaldo alias CR7? Pasti semua sudah sering dengan nama pesohor sepak bola satu ini bukan? CR7 lahir di kota Funchal, ibukota kepulauan ini.

Secara geografis, kepulauan ini dikelilingi oleh samudera Atlantik bagian utara, tepatnya di bagian barat laut benua Afrika (di seberangnya negara Maroko, salah satu negara di bagian utara benua Afrika).

Tapi meskipun lokasinya lebih dekat dengan benua Afrika, kepulauan Madeira merupakan daerah otonomi milik Portugal, jadi dari segi kultural dan populasi, Madeira lebih Eropa. Bahasa utama yang digunakan juga bahasa Portugis. Tentu saja karena ini adalah destinasi wisata yang cukup populer, orang-orang yang berkecimpung di dunia pariwisata di sana juga bisa berbahasa Inggris.

Perjalanan menuju kepulauan Madeira bisa ditempuh dari kota-kota besar di Eropa. Bandaranya terdapat di kota Funchal. Pulau Madeira merupakan pulau vulkanik yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari daerah pegunungan. Karena itu, tidak heran kalau pulau ini memiliki lebih dari 150 terowongan yang menghubungkan satu kota ke kota lainnya. Kalau Anda bukan sopir yang handal, sebaiknya jangan coba-coba mengendarai mobil sendiri di pulau ini.

Obyek wisata yang paling banyak dikunjungi di pulau Madeira adalah Funchal yang terkenal dengan keindahan kota dengan bangunan-bangunan kunonya. Madeira botanical garden atau kebun raya pulau Madeira juga berada di kota ini.

Untuk sampai di kebun raya yang terletak di puncak bukit dan menghadap ke laut ini, pengunjung bisa naik cable car atau kereta gantung selama 15 menit sekali jalan sambil menikmati pemandangan yang spekatakuler. Harga karcis lumayan mahal, 31 euros atau sekitar 500 ribu rupiah untuk tiket cable car pulang pergi, termasuk tiket masuk kebun raya.

Fans berat CR7 bisa menginap di hotel dengan nama yang sama dan bisa berselfie ria di depan patung selebriti terkenal ini yang letaknya tepat di depan museum CR7 tidak jauh dari pelabuhan kota ini.

Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Porto Moniz, di bagian lain pulau. Di sana terdapat beberapa kolam renang alami yang dikelilingi oleh karang-karang laut dan selama musim panas wisatawan bisa berenang di sana. Selama musim dingin kolam-kolam ini tertutup untuk umum tapi wisatawan bisa menikmati pemandangan ombaknya yang besar dan melegenda.

Bagi traveler yang hobby hiking, pulau Madeira menawarkan banyak jalur pendakian yang menarik untuk para hikers, mulai dari yang mudah sampai yang berbahaya. Rantai pegunungannya menghadirkan pemandangan alam yang ikonik. Selain itu ada Cabo Gir£o yang terkenal dengan skywalk nya yang dibangun di atas tebing dengan ketinggian 580 meter dpl.

Nah, sekarang kalau ada yang bicara tentang pulau Madeira, paling tidak pembaca sudah pernah mendengarnya dan mengetahui sedikit informasi tentang daerah tujuan wisata yang satu ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semuanya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA