Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Agu 2019 11:23 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bisa Foto Dengan Artis Idola di Museum Madame Tussauds

Adi Satiawidi
d'travelers
Foto 1 dari 5
Berfoto dengan 2 Anggun Cipta dalam satu klik kamera!
Berfoto dengan 2 Anggun Cipta dalam satu klik kamera!
detikTravel Community -

Berfoto dengan artis idola memang menjadi kebanggan tersendiri, tak semua orang bisa mewujudkannya. Tenang traveler, Museum Madame Tussauds yang berpusat di London dan tersebar di Eropa dan Asia memiliki koleksi patung lilin para artis hollywood, bahkan ada artis Indonesia juga.

Di kehidupan sehari-hari untuk bisa berfoto dengan para tokoh-tokoh terkenal tidaklah mudah, walaupun ada di depan mata kita sedang melintas di bandara atau belanja di mall misalnya, biasanya akan ada penghalang dari bodyguard atau manager artis tersebut yang harus kita tembus untuk dimintai izin untuk bisa selfie bersama. Jika kita beruntung, tentu misi tersebut bisa terlaksana dengan mudah. Bagaimana kalau mimpi dan ambisinya ingin foto bareng sama artis luar negeri, sama artis Hollywood atau artis Kpop?

Dari pada cuma berandai-andai tanpa tahu kapan kesempatan itu akan datang jadi kenyataan, mampirlah ke museum lilin dan berfoto dengan wax figure para tokoh/artis idola bisa jadi solusi sekaligus pemancing, siapa tau nanti setelahnya nggak sengaja ketemu sama Siwon di car free day dan sudah tau mau pose selfienya seperti apa.

Salah satu Museum Lilin yang paling populer di dunia adalah Madame Tussauds, yang berpusat di London dan tersebar di kota-kota besar di Amerika, Eropa dan Asia. Selain wax figure dari para artis terkenal mancanegara, bisa ditemui juga patung lilin dari tokoh-tokoh sejarah, tokoh penting dunia, keluarga kerajaan, atlet, tokoh kriminal hingga karakter fiksi yang ada di film-film. Dari sekian banyak cabangnya, Museum Madame Tussauds yang pernah saya kunjungi yaitu yang ada di Hong Kong dan Bangkok. Ada cerita extraordinary apa aja sih dari Museum Madame Tussauds ini?

Tiap patung lilin yang dibuat di Museum Madame Tussauds setidaknya memerlukan 250 proses pengukuran dan pemotretan. Lebih dari satu ton lilin dan 45.000 USD untuk membayar 20 seniman yang bekerja ratusan jam.

Semua figur patung lilin di Museum Madame Tussauds dibuat dua kali lebih besar dari aslinya, karena lilin akan mudah mencair/menyusut selama proses keseluruhan.

Patung lilin terbesar yang pernah dibuat oleh Museum Madame Tussauds adalah karakter superhero The Incredible Hulk sedangkan yang terkecil adalah karakter peri Tinkerbell .

Sejauh ini ada 4 nama tokoh berdarah Indonesia yang dibuat patung lilinnya dan menjadi penghuni Madame Tussauds, yaitu Presiden Sukarno di Bangkok dan Hong Kong, Anggun Cipta Sasmi di Bangkok, Presiden Jokowi di Hong Kong dan Rudy Hartono di Singapura.Jika tokoh yang ingin dibuatkan patungnya telah meninggal, contohnya seperti Presiden Soekarno, maka pihak museum akan menggali data dari foto dan keluarga dekatnya.

Sementara, jika model yang dijadikan patung masih hidup, maka pihak Museum Madame Tussauds akan mengundang tokoh tersebut untuk dilakukan pengukuran. Seperti yang bisa kita lihat di tayangan video di Youtube, Anggun Cipta diukur mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, bentuk bola mata hingga warna rambut, kulit dan gigi.

Setiap patung memiliki tim yang bertugas merawat rambut, membersihkan, dan menata rias atau make up sang patung, makanya jangan heran ketika patung Katy Perry 1-2 kali berganti tatanan rambut beserta kostumnya.

Secara berkala, patung-patung di Museum Madame Tussauds dirotasi untuk penataan layout/posisinya, selain itu, ada juga yang menyesuaikan dengan status di kehidupan pribadinya, seperti patung Brad Pitt & Angelina Jolie yang awalnya berdampingan, kini dibuat terpisah posisinya setelah mereka bercerai.

Sungguh beruntungnya saya, ketika patung lilin Anggun Cipta diresmikan di Madame Tussauds Bangkok, saya berkesempatan menghadiri grand launchingnya. Di sana saya melihat dari dekat sosok Anggun yang asli beserta patung lilinnya. Seusai press confrence, di sela-sela kesibukannya interview dengan media asing, saya pun memberanikan diri buat nyolek dan nodong foto bareng dengan Anggun berikut patung lilinnya. Masih inget bener kata-kata dari Anggun setelah selesai berfoto, "hatur nuhun" lengkap dengan gestur tangan khas Jawanya.

Extraordinary sensation-nya buat saya adalah karena saya adalah satu-satunya orang Indonesia di momen itu dan bahkan mungkin hingga saat ini yang mempunyai dokumentasi foto bersama Anggun Cipta dan juga patung lilinnya. Double extraordinary sensationnya adalah 2 tahun setelah foto itu saya unggah di Instagram, Anggun me-repost foto saya di akun Instagramnya dengan komentar khusus "Last photo is a double trouble."

Sekadar tips untuk ke Madame Tussauds Bangkok, book early bird ticket yang bisa dibeli di website resminya. Harganya jauh lebih hemat dari harga normal, tapi kamu harus sudah menukarkan e-ticket ke loket dan masuk ke dalam museum sebelum jam 12 siang ya.

Tahun 2020, Museum Madame Tussauds akan membuka pintunya di Dubai dan otomatis menjadi Museum Madame Tussauds yang pertama di Timur Tengah. Proyek ini pertama kali diumumkan pada 2008 dan dikonfirmasi pada 2016, tetapi karena beberapa sebab, pembukaan Museum yang berlokasi di Dubai Bluewater Island ini ditunda hingga akhir 2019 atau awal 2020 nanti.

Bicara soal museum, andai saya berkesempatan pergi ke Dubai, saya ingin bisa mengunjungi Dubai Museum, menjelajah waktu dan mengenal lebih dekat dengan sejarah hingga cara hidup tradisional masyarakat Dubai. Dubai Museum dibangun pada tahun 1787, terletak di Benteng Al Fahidi yang dianggap sebagai salah satu bangunan tertua di dunia.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA