Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Jan 2020 09:46 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Desa Bersuhu Dingin di Aceh Ini Hasilkan Kopi Mantap

Zulfan Ariansyah
d'travelers
Foto 1 dari 5
view pemandangan sekitar kecamatan Jagong Jeget
view pemandangan sekitar kecamatan Jagong Jeget
detikTravel Community - Jagong Jeget, begitu nama desa di Dataran Tinggi Gayo ini. Di daerah bersuhu dingin ini dihasilkan biji kopi terbaik yang rasanya mantap.

Perjalanan kali ini adalah perjalanan yang paling menakjubkan. Mendaki dan mendaki lagi yang kita dapatkan dalam perjalanan darat di pegunungan Gayo di provinsi Aceh, sebuah destinasi desa yang masih alami dan masyarakatnya mayoritas berkebun kopi, yaitu Jagong Jeget.

Jagong Jeget adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah, provinsi Aceh. Dasar pembentukan kecamatan ini adalah Qanun Kabupaten Aceh Tengah Nomor 1 Tahun 2006 Tentang Pembentukan Kecamatan Bies, Rusip Antara, Atu Lintang dan Jagong Jeget. Kecamatan Jagong Jeget merupakan pemekaran dari Kecamatan Linge, Ibu Kota Kecamatan Jeget Ayu.

Untuk menuju lokasi ini bisa kita tempuh dari Kota Takengon sekitar dua Jam perjalanan darat, atau kurang lebih tujuh jam dari kota Banda Aceh.

Perjalanan menuju kabupaten ini kita akan takjub dengan panaorama alam bagaikan negeri di atas awan, dimana bukit dengan perkebunan masyarakat subur terus terlihat dalam perjalanannya. Sesekali kita akan masuk dalam kabut yang dingin membuat suasana semakin menantang.

Sesampai di kecamatan ini, kita akan merasakan dinginnya udara dan sejuknya suasana desa yang masih alami. Air yang jernih dan dingin membuat kita yang jarang main ke lokasi ini, harus menambah lapisan baju atau harus memakai jaket yang lebih tebal.

Untuk menghangatkan suasana, kopi panas sangat cocok untuk berwisata kemari. Mengapa kopi? Karena di kawasan kecamatan ini rata-rata masyarakatnya adalah petani kopi. Hampir semua lahan berbukit di sekitarnya tampak kebun kopi yang subur dan terawat.

Traveler membayangkan alangkah rezekinya masyarakat di sini bisa hidup di alam yang masih segar dan alami serta bisa mencari rezeki untuk kehidupan sehari hari keluarganya.

Bercerita mengenai kopi, saya sempat berbincang bersama salah seorang petani dan pengusaha kopi yang sudah lama menetap di Kecamatan Jagong Jeget ini, pak Kamal panggilan beliau. Dari beliau, saya mendapat banyak wawasan dan ilmu tentang berbagai jenis kopi dan proses pengolahannya.

Kopi Arabika, kopi Robusta, kopi lanang dan beberapa jenisnya kami bahas bersama di kediamannya sekaligus tempat usahanya di kawasan pusat kecamatan di Jagong Ayu. Kopi di kawasan ini juga sudah terkenal dan dilirik oleh pengusaha, penikmat kopi di nusantara, bahkan di luar negeri.

Tak hanya kopi, di kecamatan Jagong ini juga ada berbagai kebun sayur mayur dan buah-buahan yang dikelola oleh masyarakat seperti jeruk, alpukat dan strawberry. Buat kamu yang suka dengan buah Strawberry kamu bisa main ke Kecamatan Jagong Jeget ini. Kamu bisa main ke kebunnya yang berada di sekitar pusat pelayanan kesehatan di kecamatan tersebut.

Di malam hari suasana di kecamatan ini mendadak sepi, kita jarang melihat masyarakat beraktivitas di malam hari karena masyarakat lebih memeilih istirahat di dalam rumah, karena suasana di luar sangat dingin bisa mencapapai suhu 13 derajat bahkan lebih, dingin sekali.

Di halaman rumah masyarakat juga terlihat beberapa orang yang membakar kayu atau sejenis api unggun untuk menghangatkan badan.

Sungguh pengalaman yang berkesan bisa berwisata di daerah dingin dan bisa menikmati alammya yang indah, segar nan sejuk membuat traveler menambah pengalaman dalam berwisata di tengah kabupaten di Aceh, tepatnya di daratan tinggi Gayo.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA