Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Sep 2019 13:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Dari Benteng Sampai Pantai, Ambon Memang Manise

Nabil Berri
d'travelers
Foto 5 dari 5
Jembatan Merah Putih
Jembatan Merah Putih
detikTravel Community - Ambon memang manise. Lihat saja dari pesisir pantai sampai benteng bersejarahnya, semuanya indah!

Kali ini saya berkesempatan mengunjungi Ambon, sebuah pulau yang terletak jauh di timur Indonesia. Menempuh perjalanan sekitar 3 jam dengan pesawat, akhirnya saya tiba di pulau Ambon. Sebagai seorang yang bertempat tinggal di ujung paling barat Indonesia, berkunjung ke timur Indonesia sudah lama saya impikan. Akhirnya kesempatan itu terwujud juga.

Pulau Ambon terletak di Laut Banda yang dikenal sebagai lautan terdalam di Indonesia. Di pulau Ambon inilah terletak ibukota provinsi Maluku, yaitu Kota Ambon. Pulau Ambon terbagi dalam 2 wilayah, sebelah utaranya termasuk dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah, sedangkan di sebelah selatan merupakan wilayah Kota Ambon.

Wilayah Indonesia bagian timur sudah lama terkenal dengan keindahan alam dan budayanya. Kepulauan Maluku salah satunya. Di sini keindahan pantai berpasir putih dengan warna biru laut toska berpadu dengan sangat indahnya. Salah satu pantai yang sangat terkenal indah di pulau Ambon adalah Pantai Liang. Pantai ini berjarak lebih kurang 1 jam dari kota Ambon. Wilayahnya termasuk dalam Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Selain wisata alamnya, Pulau Ambon juga terkenal dengan wisata sejarah dan budayanya. Kepulauan Maluku termasuk salah satu daerah terawal yang didatangi oleh bangsa-bangsa Eropa dikarenakan kekayaan rempah-rempahnya. Sebagai buktinya, kita bisa mengunjungi salah satu benteng tertua Belanda di Nusantara, yaitu Benteng Amsterdam yang didirikan oleh VOC pada tahun 1637. Benteng ini terletak di desa Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Untuk mencapai lokasi benteng, perjalanan ditempuh lebih kurang selama 1 jam dari Kota Ambon.

Berdekatan dengan lokasi benteng, terdapat pula gereja tertua di pulau Ambon yaitu Gereja Tua Immanuel yang dibangun pada tahun 1659.

Di desa tetangga Hila, masih ada satu lagi objek wisata sejarah yang wajib dikunjungi, yaitu Masjid Tua Wapauwe, yang disebut-sebut sebagai masjid tertua di Provinsi Maluku. Masjid ini dibangun pada tahun 1414 dan arsitektur aslinya masih tetap dipertahankan hingga sekarang.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA