Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Sep 2019 16:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Makam Penyebar Agama Islam di Raja Ampat, Tahu Nggak?

Dian-koernia
d'travelers
Foto 1 dari 5
lafaz Allah di pintu gua
lafaz Allah di pintu gua
detikTravel Community - Semua orang tahu, Raja Ampat adalah keindahan bawah laut paling terkenal di Indonesia. Tapi rupanya, di sana juga terdapat makam penyebar agama Islam.

Misool di Raja Ampat, Papua Barat tidak hanya menyimpan keindahan alamnya, tapi juga terdapat hal-hal yang masih sangat alami. Salah satunya adalah situs Gua Keramat, merupakan tempat makam sepasang suami istri penyebar agama Islam pada masa lalu. Makam itu terletak di atas batu karang, awalnya berupa makam biasa (tanah dengan batu nisan sebagai penanda). Saat ini sudah dipugar berupa makam dengan lantai keramik dan nisan dari marmer serta diberi pagar.

Menurut penduduk lokal, jika menjelang musim haji, maka banyak penduduk yang akan berangkat haji, mengunjungi makam tersebut untuk ziarah kubur. Tidak jelas nama dan tahun berapa sepasang suami istri tersebut dalam masa/proses menyebarkan agama Islam.

Terletak di daerah yang lumayan jauh dari perkampungan, dengan suasana yang super tenang, air jernih kehijauan, sehingga menciptakan aura yang lumayan "tintrim" (dalam bahasa Jawa).

Sebelum mendarat, amati pintu gua, di atas ada tulisan alam berwarna putih, yang menyebut lafaz 'Allah' dalam huruf Arab.

Ketika "mendarat" dari kapal, sudah ada dermaga untuk menambatkan kapal, juga jembatan untuk menuju lokasi, karena areanya full air. Sudah ada toilet juga. Tapi jembatan hanya sampai di titik tertentu, selebihnya Anda bisa saja berenang jika akan mengeksplor gua lebih lanjut. Ada batu singgasana yang 'jika berani' bisa dipakai untuk panjatan terjun ke air laut yang tenang, jernih dan memanggil-manggil untuk berenang.

Yang pasti, jagalah kebersihan, jangan buang sampah sembarangan. Jaga alam ini, milik kita bersama.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA