Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Okt 2019 14:02 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bali Punya Tanah Lot, Malang Punya Pantai Balekambang

Ria Rahmawati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pantai Balekambang, pantai dengan pasir putih dan bersih.
Pantai Balekambang, pantai dengan pasir putih dan bersih.
detikTravel Community - Ada pantai cantik di Malang, Jawa Timur. Namanya Pantai Balekembang, yang disebut mirip Tanah Lot di Bali.

Kabupaten Malang memiliki pantai yang belakangan ini sedang naik daun. Pantai Balekambang, sebuah pantai di pesisir selatan Jawa. Pantai ini sebenarnya sudah menjadi andalan wisata Malang sejak lama. Namun belakangan ini semakin terkenal di jagat maya.

Untuk mencapai pantai ini diperlukan waktu setidaknya 2 jam berkendara dari pusat Kota Malang. Meskipun rute perjalanan banyak tanjakan dan kelokan sepanjang jalan anda akan disuguhi oleh hijaunya pepohonan. Perjalanan tentunya jadi tidak membosankan.

Biaya masuknya pun cukup murah, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam yaitu sekitar Rp 10.000 - Rp 15.000 per orangnya. Lahan untuk parkir pun tersedia cukup luas. Setibanya di tempat ini kita akan disambut oleh hamparan pasir putih. Tulisan Pantai Balekambang bercorak warna warni mengundang orang untuk berswafoto.

Sebagaimana pantai di pesisir selatan, Pantai Balekambang juga menawarkan pemandangan birunya laut. Kondisinya yang cukup terawat tanpa sampah membuat tempat ini semakin menarik wisatawan. Bila ombaknya cukup bersahabat anda dapat bermain di bibir pantai.

Selain papan tulisan nama, tempat ini juga menyedikan sebuah spot foto ayunan lengkap dengan tulisan "Nerverending Balekambang".

Menyusuri pantai anda akan melihat tiga pulau yang berjajar dekat pantai. Pulau-pulau kecil itu bernama Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Ketiganya dihubungkan dengan jembatan beton.

Pulau Ismoyo, pulau pertama yang bisa dikunjungi ini terdapat sebuah pura. Pura bernama Amarta Jati ini cukup terawat, kita bisa menjelajahi sekitar pura. Namun tidak bisa masuk kedalam pura karena tempat ini memang dikhususkan untuk ibadah umat Hindu.

Pada hari-hari tertentu umat Hindu kerap mengadakan upacara keagamaan ditempat ini. Pengunjung bisa menikmati budaya yang berbeda saat itu.

Keberadaan pura ini menjadikan Pantai Balekambang semakin mirip dengan Tanah Lot di pulau Dewata. Tak heran banyak orang yang menyebutnya sebagai Tanah Lot-nya Jawa Timur.

Ingin menikmati Jawa rasa Bali? Jangan lupa kunjungi Pantai Balekambang di Malang.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA