Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Okt 2019 15:07 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bukan China, Ini Bukit Pelangi di Pekanbaru

arief kas
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community - China punya Gunung Pelangi di Zhangye. Nah, kalau Pekanbaru namanya Bukit Pelangi.

Kabut asap sedang melanda bumi lancang kuning, kota Pekanbaru, ibukota propinsi Riau. Doa kami semoga hujan cepat membasahi bumi Riau agar memadamkan kebakaran lahan gambut yang sedang terjadi.

Diawal September 2019 lalu, kabut tipis masih terlihat tapi tidak sepekat minggu belakangan ini. Kami menjelajah kota Pekanbaru dan mencoba untuk mencari tempat wisata yang sedang hits. Rainbow hills atau Bukit Pelangi yang terletak tidak jauh dari kota Pekanbaru, hanya 20 menit naik mobil.

Menuju ke bukit pelangi, kita akan melewati sebuah jembatan cantik melintas diatas sungai Siak yang membelah kota lancang kuning. Abadikan perjalanan melalui jembatan tersebut, dengan berbekal google maps-kami mencari lokasi bukit pelangi tersebut karena tidak semua orang Pekanbaru bahkan tahu dimana lokasi wisata ini tepatnya.

Sampailah kami dijalan kecil bernama Jalan Kemping. Semakin lama jalan berbentuk tanah. Dan sampailah kota disebuah tempat terbuka berbukit-bukit dan tidak tampak di mana lokasinya. Ternyata setelah turun dari mobil, dengan berjalan kaki barulah kita menemukan dimana bukit pelangi tersebut itu bersembunyi.

Bukit tanah yang mengandung mineral tertentu menimbulkan warna-warni yang berbeda, ada berwarna merah, kuning, dan agak sedikit putih. Semburat warna yang ditimbulkan tergantung dari posisi cahaya matahari yang menerpa tanah mengandung mineral tersebut.

Datanglah ketika masih pagi atau sore hari, semburat matahari akan memberikan warna tersendiri pada tanah sehingga memberikan beragam panca warna, oleh karena itu masyarakat memberikan nama Bukit Pelangi.

Tidak ada tiket masuk ke wilayah ini, hanya ada sebuah warung kecil yang menyediakan kopi atau mie instan. Jagalah kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan karena lokasi ini masih seadanya saja.

Lokasi yang sangat instagrammable banget ini patut dikunjungi ketika Anda berada di Kota Pekanbaru dan setelah kebakaran lahan padam dan tanpa asap yang membahayakan pernapasan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA