Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Okt 2019 11:37 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tempat Mengenal Senjata Khas Indonesia

Ria Rahmawati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Museum yang terbilang baru ini terlihat megah namun juga artistik
Museum yang terbilang baru ini terlihat megah namun juga artistik
detikTravel Community - Beragam senjata tradisional Indonesia. Semua itu bisa kamu lihat di Museum Keris Nusantara. Yuk!

Indonesia memiliki beragam senjata tradisional yang berbeda dari tiap daerah. Salah satunya Keris, belati khas Indonesia ini dulu digunakan sebagai senjata perang. Namun sekarang lebih dikenal sebagai simbol budaya.

Indonesia memiliki beragam senjata tradisional yang berbeda dari tiap daerah. Salah satunya Keris, belati khas Indonesia ini dulu digunakan sebagai senjata perang. Namun sekarang lebih dikenal sebagai simbol budaya.

Untuk lebih mengenal senjata ini kita bisa mengunjungi Museum Keris Nusantara. Terletak di Jl.Bhayangkara No.2 Surakarta, kita diajak menelusuri pembuatan, sejarah dan makna senjata tradisional Indonesia.

Museum Keris didirikan sebagai tindak lanjut diakuinya Keris Indonesia sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Museum ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 9 Agustus 2017.

Bangunan megah ini terdiri dari 4 lantai dengan nama berbeda dan sudah dilengkapi lift. Di lantai 1 Wedharing Wacana terdapat loket, ruang penitipan barang dan ruang Audio. Di ruang Audio pengunjung diajak menonton mengenai sejarah keris, ragam bentuk dan makna serta cara pembuatannya.

Beranjak ke lantai 2 Purwaning Wacana, di sini pengunjung akan menemui beberapa koleksi keris dan perabotnya. di sini juga terdapat ruang bermain anak, ruang restorasi dan perpustakaan kecil.

Lanjut ke lantai 3 Cipta Adiluhung, di sini terdapat diorama pembuatan keris. Berbagai ritual yang dilakukan sebelum pembuatan keris bahkan ada daftar sesajen yang wajib disediakan. Selain itu juga ada cara berinteraksi dengan keris yg benar, seperti penggunaannya bersama pakaian adat jawa.

Lantai teratas lantai 4 Esthining Lampah, di sini tersimpan keris-keris pusaka hasil karya para leluhur. Beberapa senjata pusaka lain juga tersimpan di sini.

Untuk koleksinya sendiri, museum ini memiliki lebih dari 400 keris dan tombak yang berasal dari Jawa. Banyak dari koleksi benda pusaka ini yang merupakan hasil hibah. Selain itu museum ini juga menyimpan beberapa koleksi senjata daerah lain diluar Jawa.

Salah satu koleksi keris di museum ini adalah milik Presiden Joko Widodo bernama Kyai Tenggara. Ada juga keris yang merupakan hibah dari pengusaha bernama Wiwoho Basuki. Keris-keris ini memiliki nilai yang cukup tinggi, bahkan salah satunya bernilai lebih dari 1,5 milyar. Sarung dari keris ini bertahtakan emas dan berlian.

Benda-benda pusaka ini bukan hanya sekedar senjata, tapi merupakan warisan budaya bernilai seni sangat tinggi. Sudah selayaknya kita mengenal dan menjaganya. Selamat berkunjung.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA