Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Okt 2019 11:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mau Wisata ke Luar Negeri? Mampir Baturraden Saja Dulu

Anggraini Sekar
d'travelers
Foto 1 dari 5
Small World (Miniatur Dunia)
Small World (Miniatur Dunia)
detikTravel Community -

Empat jam lima puluh enam menit merupakan jarak tempuh saya dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Purwokerto. Tiket kereta api kelas eksekutif berkisar dari harga Rp 100 ribu sampai Rp 400 ribu.

Nah, sampai di sana saya menginap di Jalan DR. H.R Bunyamin tepatnya di depan Universitas Jenderal Soedirman. Harganya berkisar Rp 300 ribu (net) per malam sudah termasuk sarapan pagi. Saya lantas menyewa motor untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata di daerah Baturraden. Untuk menyewa satu motor matic, saya mengeluarkan Rp 65 ribu dan e-KTP sebagai jaminan. Untuk sampai ke daerah Baturraden sendiri kita harus menempuh jarak selama kurang lebih 30 menit.

Banyak tempat wisata yang ada di Baturraden, baik buatan maupun alami. Seperti Lokawisata Baturraden, Small World (Miniatur Dunia), Pancuran Pitu & Pancuran Telu, Desa Wisata Ketengger, dan banyak lainnya. Harga tiket masuk yang terjangkau membuat tempat-tempat wisata di sini ramai dikunjungi warga sekitar, maupun para pelancong dari luar kota.

1. Lokawisata Baturraden

Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-17.00 WIB. Harga tiket masuk sebesar Rp 14 ribu yang bukan merupakan tiket terusan. Artinya, apabila hendak bermain wahana atau menonton teater yang ada di dalam Lokawisata ini traveler harus membayar lagi. Sirkuit Mini Bike (Sepeda Gantung), Flying Fox, dan Trampolin, merupakan wahana lain yang dapat dinikmati. Kebersihan di tempat ini pun masih cukup terjaga.

2. Small World (Miniatur Dunia)

Buka di setiap hari mulai pukul 07.00 WIB-17.00 WIB dengan harga tiket masuk dewasa Rp 20 ribu dan Rp 10 ribu buat anak-anak di hari biasa. Sedangkan di hari libur dan tanggal merah dewasa tiket dewasa dibanderol Rp 25 ribu dan anak-anak sebesar Rp 15 ribu.

Di sini kita dapat berfoto dengan beberapa ikon atau Landmark beberapa negara. Seperti Patung Merlion (Singapura), Petronas Tower (Malaysia), Sydney Opera House (Australia), dan masih banyak yang lain lagi.

Tak cuma itu, kita bahkan bisa memakai baju adat dari Korea untuk mendapatkan foto seperti berada di negaranya langsung. Keren kan?

Namun, nuansa Indonesia juga tak luntur kok. Ada pula beberapa miniatur rumah-rumah adat yang ada di Indonesia. Tambahan taman-taman bunga kian memanjakan mata.

3. Telaga Sunyi

Sesuai namanya, suasana tempat ini memang tak bising. Terdengar suara gemerisik air berpadu dengan kicauan burung yang terkadang juga tampak terbang lalu lalang. Warna airnya yang sangat jernih juga bikin dasar telaga dapat dilihat dengan mata telanjang.

Pesona telaga ini membuat sejumlah pengunjung tergoda menceburkan diri. Apalagi kebersihan yang amat sangat terjaga membuat tempat ini terlihat masih sangat asri. Keindahan alam itu dapat ditebus dengan tiket masuk Rp 13 ribu per orang. 

Untuk pengunjung, ada pula beberapa peraturan yang diterapkan. Seperti larangan berkata-kata kotor di sekitar Telaga. Pengunjung juga harus selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar Telaga.

Traveler juga harus berhati-hati di Telaga Sunyi ini karena batu-batu yang diinjak cukup licin. Buat yang kurang mahir berenang sebaiknya juga jangan terlalu mendekat ke arah air terjun.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA