Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Nov 2019 10:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menikmati Sunrise dan Melihat 4 Gunung dari Puncak Suroloyo Jogja

Yasa Sidik Permana
d'travelers
Foto 1 dari 5
Menikmati keindahan matahari terbit dari Puncak Suroloyo
Menikmati keindahan matahari terbit dari Puncak Suroloyo
detikTravel Community - Dengan menaiki 286 anak tangga ke Puncak Suroloyo kita bisa menjadi saksi terbitnya sang surya yang muncul perlahan dari balik Gunung Merapi-Merbabu. Juga kamu bisa melihat dua gunung lainnya.

Puncak Suroloyo terletak di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo atau 45 km dari Yogyakarta. Destinasi ini sesungguhnya berada pada perbatasan wilayah Jawa Tengah dan wilayah Yogyakarta.

Jika berangkat dari Jogjakarta membutuhkan waktu 1,5 jam hingga 2 jam untuk sampai ke Puncak Suroloyo. Pada cerita kali ini, saya dan beberapa teman akan mengunjungi Puncak Suroloyo untuk kesekian kalinya. Kami berangkat pukul 3 pagi dengan kondisi jalan yang sangat sepi, apalagi setelah memasuki Kecamatan Kalibawang, selain jalanan yang sudah mulai menanjak juga udara dingin menembus pori-pori kulit yang terbungkus jaket tebal.

Semakin mendekati tujuan semakin terjal pula tanjakan yang dilalui. Walaupun sebelumnya pernah mengunjungi Puncak Suroloyo, namun perjalanan menuju lokasi selalu menjadi pengalaman yang mendebarkan. Selama jalan menanjak, kami hanya beberapa kali melewati pemukiman penduduk, selebihnya adalah bukit di sisi kiri dan jurang di sisi kanan, penerangan hanya dari lampu kendaraan.

Jika teman-teman ingin berwisata ke Yogyakarta dan sekitarnya kini tidak perlu binggung lagi, dengan memasuki site atau download aplikasi tiket.com. Teman-teman bisa memesan segala kebutuhannya ketika traveling mulai dari keberangkatan, penginapan dan transportasi selama di kota tujuan hingga kepulangan. Melalui tiket.com kita bisa memesan tiket pesawat, tiket kereta api, hotel, hingga sewa mobil untuk berkeliling Yogyakarta

Setelah sampai di lokasi wisata Puncak Suroloyo, kami memarkirkan kendaraan di area parkir yang telah disediakan. Selanjutnya kami harus trekking menuju Puncak Suroloyo dengan menaiki anak tangga demi anak tangga yang membuat kami kehabisan nafas. Ditambah dengan dinginnya udara pagi yang membuat keringat engan menetes dan kabut pekat yang membuat jarak pandang menjadi sangat terbatas.

Setelah setengah perjalanan, kami beristirahat sekitar 10 menit di pos 1 yang berupa gazebo. Setelah cukup beristirahat kami melanjutkan perjalanan menuju Puncak Suroloyo, total kami harus menaiki total 286 anak tangga untuk tiba di Puncak Suroloyo.

Sembari mengatur nafas dan beristirahat, kami menikmati keindahan lampu Kota Yogyakarta dan Magelang yang nampak dari kejauhan mulai dipadamkan satu-persatu. Setelah menunggu sekitar 15 menit akhirnya sedikit demi sedikit terlihat pancaran cahaya dari ufuk timur tepat di balik Gunung Merapi-Merbabu yang langsung menyinari dataran dan perbukitan di depannya.

Semakin lama cahaya yang dipancarkan semakin terang dan jangkauannya pun semakin luas. Tak lama kemudian nampak Gunung Sindoro dan Sumbing yang berdiri dengan gagah disisi utara. Kami beruntung pagi itu kabut tebal tidak berlangsung lama, sehingga terlihat jelas panorama alam Yogya dan Magelang ditambah dengan keempat gunung di sekitarnya.

Perlahan-lahan kabut di dataran rendah mulai menghilang dan terlihat jelas atap-atap bangunan dari kejauhan karena pancaran sang surya yang semakin meninggi. Candi Borobudur pun terlihat muncul dari sela-sela kabut.

Setelah beberapa menit akhirnya sang surya sudah berada di atas Gunung Merapi dan cahaya yang dipancarkannya pun semakin menusuk. Suasana sekitar pun menjadi terik.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA