Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Mei 2020 11:48 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Misool Raja Ampat Akan Jadi Kawasan Pariwisata Eksklusif?

Liberius Pajo
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pembukaan Festival Pesona Misool, Group tari wala menyambut Bupati dan tamu festival
Pembukaan Festival Pesona Misool, Group tari wala menyambut Bupati dan tamu festival
detikTravel Community -

Pemda Kabupaten Raja Ampat terus melakukan pengembangan potensi pariwisata. Salah satunya Misool yang kabarnya akan jadi kawasan pariwisata eksklusif.

Salah satu kawasan yang akan dikembangkan yakni Kepulauan Misool, salah satu dari empat Pulau terbesar di Raja Ampat.
Secara potensi, Misool memiliki keunggulan baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya. Spot-spot wisatanya sangat eksotis dan bernilai sejarah.

"Dari segi potensi, pariwisata Misool punya keunggulan, baik jumlah spotnya maupun kualitas keindahannya" kata Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati beberapa waktu lalu.

Dalam rangka pengembangan potensi tersebut beberapa strategi yang ditawarkan di antaranya melalui festival budaya dan pembangunan, peningkatan sarana dan infrastruktur pendukung serta penguatan sumber daya masyarakat lokal.

"Festival sebagai bentuk perhatian Pemda bagi masyarakat Misool untuk mengangkat potensi pariwisata dan kelestarian tradisi lokal, yang tersebar di seluruh Misool," imbuhnya.

Menurutnya festival merupakan sebuah perayaan masyarakat lokal untuk mengangkat dan mengembangkan seni tari, seni musik, kuliner, industri kerajinan, kearifan lokal lainnya, baik yang masih lestari maupun yang terancam punah.

Namun demikian agar potensi kearifan lokal seperti seni budaya dan potensi pariwisata berkembang pesat perlu ada dukungan dan keterlibatan masyarakat lokal.

"Supaya maju maka masyarakat harus dukung, intinya dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat," tegas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo menyatakan Misool akan dijadikan kawasan wisata eksklusif mengingat potensi wisatanya keindahan nan eksotis dan nilai nilai sejarah, riset dan pengembangan ilmu pengetahuan.

"Kami akan tata Misool ini sebagai destinasi wisata Eksklusif, ini dilakukan secara bertahap" jelas Yusdi.

Ia pun berharap dukungan dan peran aktif masyarakat lokal baik dalam menjaga maupun menjadi Pioner pelaku wisata di kawasan Misool.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA