Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Des 2019 10:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mungkin Inilah Danau Terindah di Kaki Himalaya

Aranty
d'travelers
Foto 1 dari 5
Keindahan Danau Dal dan Rumah Perahu
detikTravel Community - Danau Dal di Kashmir bisa dibiland danau terindah di kaki Pegunungan Himalaya. Traveler harus ke sini untuk membuktikannya sendiri.

Terbang 1,5 jam menggunakan pesawat domestik GO AIR dari Bandara Indira Gandhi New Delhi, romongan kami mendarat di Srinagar sekitar pukul 8 pagi. Seorang pria berperawakan tinggi dengan wajah bercambang tipis menyapa kami.

"Saya Pallshafi, biasa dipanggil Palla, tour guide yang akan menemani Anda selama kunjungan di Kashmir," katanya.

Tentara-tentara India bersenjata lengkap bersiaga dari gerbang bandara sampai sepanjang jalan yang kami lewati menuju pusat kota. Sepanjang perjalanan, tour guide kami banyak bercerita tentang kondisi Kashmir.

Kashmir berada di India Utara. Meskipun Kashmir berbendera India, orang Kashmir yang biasa disebut Kashmiri tidak pernah mau disebut sebagai orang India. Kami Kashmiri. Kashmiri bukan India.

Sikap ini adalah akibat dari catatan sejarah panjang dari konflik Kashmir, yang wilayahnya terus menjadi rebutan antara India dan Pakistan sejak puluhan tahun silam. Kawasan subur di lembah pegunungan Himalaya, yang sering dijuluki Surga Di Bumi telah melewati konflik tak berujung.

Setelah sekitar 1 jam perjalanan, kami sampai di Danau Dal. Selama 3 hari 2 malam, kami akan menginap di rumah perahu atau biasa disebut houseboat. Houseboat tempat kami menginap ini bernama Jasmine Flower milik keluarga Palla.

Sesampainya di houseboat, kami disambut hangat dan sangat kekeluargaan. Mereka memperlakukan tamu seperti keluarga. Kami disediakan sarapan nasi goreng khas Kashmir dan telur dadar. Secangkir teh rempah kahwa hangat berada dalam genggaman cukup membantu untuk menghangatkan tubuh yang kedinginan.

Agenda kami di hari pertama ini adalah naik Shikara menelusuri Danau Dal. Shikara adalah perahu yang dilengkapi dengan sofa nyaman dan kelambu yang cantik. 1 shikara dapat memuat 5-6 orang.

Shikara bergerak perlahan. Hening, terdengar suara dayung memecah keheningan. Keunikan dayung di sini adalah dayungnya berbentuk hati, simbol cinta. Saya pun menyebutnya dayung cinta.

Kashmir berada dalam lingkar rantai pegunungan Himalaya. Itulah mengapa, sepanjang mata memandang dan sejauh dayung dikayuh terlihat simfoni alam lekuk baris pegunungan yang pucuk-pucuknya tertutup salju.

Daya tarik keindahan yang sempurna inilah yang membuat Danau Dal dijuluki sebagai Permata di Mahkota Kashmir atau dalam bahasa inggrisnya Jewel in the crown of Kashmir atau Srinagar Jewel

Di danau Dal ini banyak sekali pedagang yang menawarkan barang dagangannya berupa pashmina, souvenir, saffron, dan ada juga makanan. Jika tertarik untuk membeli, pastikan harganya disepakati dulu dan jika tidak tertarik membeli cukup katakan saja no, thank you.

Di sini penjual dan pembeli bertransaksi di atas shikara. Saya pun membeli souvenir magnet kulkas untuk oleh-oleh. Kami selanjutnya diajak menelusuri pertokoan mengapung. Berbeda dengan pasar terapung, dimana penjual dan pembeli bertransaksi di atas Shikara.

Deretan toko terapung ini layaknya sebuah toko biasa. Buka selama 24 jam. Menjual berbagai macam souvenir khas Kashmir. Seperti karpet, syal, pashmina dengan kualitas terbaik, saffron, aneka kacang, aksesoris, baju dan masih banyak lagi.

Pak Manshur pedayung Shikara kami, atau kami lebih senang memanggilnya dengam sebutan Abah, sangat ramah sekali. Are you happy?  itu adalah sepenggal pertanyaan yang sering ditanyakan kepada kami.

Pertanyaan ini sepertinya sudah mendarah daging dan menjadi kebiasaan masyarakat di sana, setiap sudah melakukan sesuatu untuk kita, mereka selalu bertanya are you happy?

Dengan keterbatasan yang mereka miliki, mereka sangat ingin tamunya bahagia, dan mereka khawatir jika tamunya tidak bahagia.

Menelusuri Danau Dal dengan semilir angin yang lembut, yang terasa hanyalah kedamaian dan ketenangan. Suara azan magrib berkumandang mengakhiri perjalanan shikara di hari pertama kami di Kashmir. Meski kerap dilanda konflik, Kashmir masih sangat aman untuk dikunjungi.

Bagi traveler yang berencana ke Kashmir sebaiknya terus memantau berita terkini mengenai kondisi di Kashmir. Dengan persiapan yang baik dan matang, segala risiko yang ada bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan berlebihan.

Bagi saya pribadi, pengalaman mengunjungi Kashmir dengan udaranya yang sejuk, airnya yang jernih, dan pesona keindahan alamnya yang luar biasa belum lagi ditambah dengan kehangatan dan keramah-tamahan penduduknya menjadi kerinduan tersendiri dan seakan ingin mengulanginya kembali.

Kashmir, benar-benar menjadi surga di bumi yang sangat dirindukan untuk dikunjungi kembali.Semoga kedamaian dan cinta kasih selalu berada di bumi Kashmir.

Nah bagi traveler yang tertarik berkunjung ke India, pemerintah India membuka pintu bagi turis asing terutama Indonesia dengan adanya kebijakan pemberian visa gratis bagi warga Indonesia. Warga Indonesia hanya perlu mendaftar e-visa secara online, tanpa biaya sepeser pun.

Untuk perjalanan yang tak terlupakan ini, untuk mendapatkan tiket-tiket dengan harga promo saya menggunakan aplikasi tiket.com. Traveller dapat mengunduh aplikasi tiket.com. Klik di sebelah kanan aplikasi "Lihat Semua Promo", maka akan ditampilkan promo-promo yang berlaku untuk tiket pesawat, hotel, kereta , atau pun sewa mobil.

Aplikasi tiket.com sangat memudahkan dan menguntungkan bagi traveller karena banyak sekali promo-promo yang ditawarkan . Kemudahan itu ada tiketnya!. Mudah pesan tiket & hotel, banyak pilihan produk terbaik, banyak pilihan cara pembayaran dan banyak promo spesial pastinya. Jangan lupa unduh aplikasi tiket.com nya sekarang juga.