Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Feb 2020 12:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Gua Terpanjang di Asia Tenggara Ada di Jawa Timur

Pradikta Kusuma
d'travelers
Foto 1 dari 5
Keunikan Gua Lowo yaitu goa ini merupakan goa terpanjang dan terbesar di Asia Tenggara
Keunikan Gua Lowo yaitu goa ini merupakan goa terpanjang dan terbesar di Asia Tenggara
detikTravel Community -

Selain punya pantai cantik, Kabupaten Trenggalek di Jawa Timur juga punya gua terpanjang di Asia Tenggara. Namanya Gua Lowo. Begini pesonanya.

Kabupaten Trenggalek yang berada di pesisir selatan Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia mempunyai sejuta pesona keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Mulai dari deretan pantai yang sangat indah hingga perbukitannya pun memiliki keunikan dengan adanya sebuah gua yang diklaim terpanjang dan terbesar di Asia Tenggara. Gua itu bernama Gua Lowo.

Dinamakan Gua Lowo atau gua kelelawar karena gua ini dihuni sejumlah kelelawar. Hingga kini aroma khas kelelawar masih tercium di beberapa titik gua.

Seorang peneliti gua dari Prancis, Gilbert Mantovani dan Kingston Kho pada tahun 1985 mengatakan bahwa panjang Gua Lowo ini berkisar 2 kilometer. Namun dari total keseluruhan gua, hanya 850 meter yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Sementara sisanya sepanjang 1.150 meter belum dibuat aksesnya dan terpotong oleh derasnya aliran air sungai.

Gua ini berjarak sekitar 25 kilometer atau 1,5 jam berkendara dari pusat Kota Trenggalek, searah dengan wisata Pantai Prigi sehingga lokasinya pun sangat mudah ditemukan dan diakses. Diresmikan sebagai objek wisata andalan Trenggalek semenjak tahun 1984, Gua Lowo hingga kini pun masih menjadi tujuan utama para pelancong karena keunikan yang dimilikinya.

Akses ke dalam gua pun bisa dikatakan sudah cukup bagus. Jalan sudah terbeton sempurna dengan kiri kanan pagar sebagai pengaman. Tinggal kalian susuri jalanan yang ada sembari mengagumi tiap keindahan di sudut-sudut gua.

Kalian pun tak perlu membawa alat penerangan lagi karena di dalam gua sudah terdapat deretan lampu warna-warni yang menambah keindahan dari stalaktit dan stalagmit di dalam gua. Dan yang unik, disepanjang Gua Lowo ini udara terasa sangat sejuk walaupun tak disediakan kipas oleh pengelola.

Gua yang ditemukan pada tahun 1931 ini cukup menarik karena di setiap sudut gua terdapat sensasi pemandangan yang berbeda. Di ujung jalur, kalian dapat menikmati sinar matahari yang menerobos lubang kecil di langit gua dan melihat derasnya aliran air sungai bawah tanah. Selain itu kalian juga bisa menyaksikan ribuan kelelawar yang bergelantungan di dinding gua.

Nah, yang perlu disiapkan jika ingin berkunjung ke Gua Lowo adalah sandal yang anti licin karena di beberapa titik di dalam gua, jalur terlihat licin berlumut karena tetesan air. Selain itu pakailah masker jika dirasa kurang nyaman dengan aroma kotoran kelelawar. Dan satu hal yang terpenting buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan. Jangan sekali-kali membuang sampah di aliran air sungai dan melakukan vandalisme di dinding dinding gua.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA