Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Feb 2020 11:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Satu Lagi Tempat Ngopi Bernuansa Tradisional di Malang

Ifaikah Kalidin
d'travelers
Foto 1 dari 5
Secangkir kopi arjuno dengan latar belakang gunung
Secangkir kopi arjuno dengan latar belakang gunung
detikTravel Community - Malang bisa jadi rekomendasi bagi traveler pecinta alam dan kopi. Ada kedai Kopi Sontoloyo yang bisa jadi pilihan.

Selain senja, barangkali menjadi penikmat kopi adalah suatu hal yang mengesankan. Banyak inspirasi lahir dari sebiji kopi. Sebut saja puisi karya penyair ulung, Joko Pinurbo.

"Aku tahu mengapa kau suka minum kopi susu.

Kopi membuat matamu menyala,

susu membuat matamu manja."

Seistimewa itulah kiranya kopi. Maka suatu senja di akhir pekan, aku dan Suami mengunjungi salah satu kedai kopi yang menjadi kesukaan kami, Kopi Sontoloyo. Jangan keburu meremehkan ya dengan nama yang terdengar nyeleneh, karena di kedai ini menyajikan kopi yang enak. Ada kopi dampit, kopi arjuna, kopi sontoloyo, kopi kosong, kopi jahe, dll. Rekomendasi saya, kopi arjuna susu.

Kopi Sontoloyo juga menyediakan varian minuman non kopi seperti wedang jahe susu, kunyit asem, jeruk panas, sirup, dll. Untuk camilan cukup variatif dengan ciri khas tradisionalnya. Sebut saja tempe mendoan, tahu petis, jadah goreng, dan cireng. Mau makanan berat pun tersedia, ada bakmi jawa, sate-satean, soto, nasi goreng dan menu lainnya.

Soal harga tergolong cukup murah. Untuk minuman saja berkisar Rp 9.000 - Rp 15.000. Sementara untuk camilan dan makanan berat, berada di rentang harga Rp 10.000 - Rp 23.000.

Hal lain yang menjadikan Kopi Sontoloyo istimewa adalah lokasinya di Bulukerto, Bumiaji, Kota Batu, diapit oleh kebun dan Gunung Arjuna - Gunung Kawi. Pemandangannya sudah tentu indah, dengan latar gunung dan hijau alam sekitar. Pun suasananya yang asri, adem dan bikin betah.

Selain itu, konsep tradisional juga diterapkan untuk menambah kesan unik. Mulai dari penggunaan perabotan makan dan minum, furniture hingga dekorasi. Bagian dari keunikan inilah yang menjadi incaran para pengunjung untuk berfoto. Baik dengan latar alam maupun dekorasi tradisionalnya

Kedai Kopi Sontoloyo buka mulai pukul 10:00 - 23:00 WIB. Pada akhir pekan cukup ramai dan perlu bersabar menunggu kursi kosong.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA