Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Feb 2020 13:48 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Liburan Kamu Selanjutnya, Kemping di Pantai Surga Gunungkidul

Meilind Faizah
d'travelers
Foto 1 dari 5
eksotisme pasir putih pantai Ngrumput
eksotisme pasir putih pantai Ngrumput
detikTravel Community - Gunungkidul punya banyak wisata asyik yang bisa disambangi. Di Pantai Ngrumput kamu bisa kemping dengan suasana lautan yang syahdu.

Saat berkunjung ke Yogyakarta, traveler mungkin sudah terbiasa disuguhkan dengan berbagai jenis wisata khas seperti kuliner, budaya dan sejarahnya. Tapi ada cara lain yang dapat traveler coba saat Anda berlibur ke Yogya, berkemah di Pantai misalnya.

Gunung Kidul jadi salah satu kabupaten di Yogyakarta yang sudah mashur namanya sebagai kabupaten dengan banyak pantai-pantai berpasir putih nan cantik. Sebagian besar lokasi pantai di Gunung Kidul sudah kerap dikunjungi oleh masyarakat luas seperti pantai Indrayanti, pantai Watu kodok, dan pantai Parangtritis.

Tapi siapa sangka dilokasi lain banyak pantai berpasir putih yang masih terjaga kecantikannya, karna keberadaannya belum diketahui banyak orang. Sangat cocok menjadi pilihan tempat untuk berkemah atau sekedar menikmati keindahan pantai yang masih menawan.

Salah satu tempat yang asik dan bisa jadi pilihan untuk menghabiskan akhir para traveler semua adalah Pantai Ngrumput nih. Sebuah pantai dengan pasir putih yang eksotis terhampar diantara bukit-bukit kapur dan tebing karang.

Lokasi yang belum banyak dikenal masyarakat membuat pantai ini serasa private beach karna terasa masih begitu orisinil keindahannya. Berlokasi disebelah selatan Kota Yogyakarta, pantai Ngrumput bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor atau mobil dengan jarak tempuh sekitar 2 jam. Lumayan jauh jika dijangkau dari kota Yogyakarta. Tapi rasa capek akan segera terbayarkan begitu sampai di lokasi.

Saat tiba di Pantai Ngrumput, kendaraan Traveler dapat diparkir di lokasi parkir yang sudah tersedia, tempat parkir kendaraan yang cukup luas dan aman. Untuk tiket masuk ke pantai Ngrumput sendiri sebesar Rp. 10.000 per orang.

Tidak sedikit traveler yang enggan beranjak dan lebih memilih untuk mendirikan tenda bermalam di tepian pantai. Ada tarif tambahan bagi para pengunjung yang mendirikan tenda di tepi pantai, yaitu akan dimintai biaya sebesar Rp. 15.000/tenda sebagai biaya kebersihan.

Dari lokasi parkir kendaraan, traveler harus berjalan selama sekitar 10 menit melewati jalanan setapak dengan pemandangan tebing-tebing kapur untuk mencapai bibir pantai. Putihnya pasir pantai Ngrumput sudah bersiap menyambut kedatangan para traveler.

Keindahan pantainya semakin mempesona dengan adanya Bukit Kosakora di sebelah timur pantai ini. Akses menuju Bukit Kosakora dapat dijangkau dengan berjalan kaki, dan traveler dapat menikmati keindahan pantai Ngrumput dari sudut lain, dari puncak bukit Kosakora.

Bagi traveler yang memutuskan untuk bermalam dan belum sempat mempersiapkan peralatan berkemah, tidak perlu khawatir karena tersedia tempat-tempat yang menyewakan peralatan camping lengkap.

Untuk yang tertarik membuat api unggun di pinggiran pantai, juga tersedia warung-warung yang menjual kayu bakar. Selain itu juga menjajakan makanan seadanya yang dapat dinikmati dan memberikan akses toilet berbayar 24 jam bagi para pengunjung.

Pantai Ngrumput Gunung Kidul ini jadi salah satu destinasi yang dapat dijadikan alternatif pilihan untuk mencoba cara baru menghabiskan waktu libur panjang dengan berkemah dipinggir pantai.

Menikmati malam dengan langit yang cerah penuh bintang. Atau sekedar bermain air berenang-renang santai dipinggiran pantai dan banyak aktifitas yang pengunjung bisa lakukan di pantai ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA